- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Ukasyah|Penduduk Surga

Cerita berikut saya ambil dari buku Jejak-Jejak Surga Sang Nabi karangan Bahtiar HS. Bukunya keren banget, cerita-cerita Rasulullah dikisahkan dalam bahasa yang ringan kayak cerpen. Nah, biasanya kalo disuruh baca cerita-cerita Nabi atau Sirah Nabawiyah yang tebalnya minta ampun itu kita bakal ogah-ogahan kan?*ayooo ngaku:P Pinginnya guling-guling ditanah, ngupil lima minggu, atau manjat pohon mangga saking malesnya baca cerita begituan,hehhe*gw ngaku, tapi kalau di buku ini gak bakalan terjadi hal-hal GAZEBO alias ga jelas bo! seperti itu karena emang bahasanya dikemas bagus banget. Ceritanya keren-keren. Berikut saya coba cerita ulang salah satu bagian dari buku ini:)


Di akhir hayat Rasulullah Muhammad SAW, beliau sempat mengalami sakit yang lumayan lama. Sampai akhirnya kesehatan beliau berangsur-angsur pulih dan kembali berjamaah di masjid.
Ketika selesai shalat, seperti biasa beliau memberikan ceramah/tausiyah kepada para jamaah. Entah mengapa, saat itu hati para jamaah terserang perasaan sedih dan kalut melihat rasulullah, seolah-olah itu adalah saat terakhir Rasulullah memberikan tausiyahnya.
Ketika menyampaikan tausiyahnya Rasulullah meminta maaf atas kesalah yang pernah diperbuat selama ini dan bertanya kepada para jamaah apakah ada diantara para jamaah yang pernah terzalimi oleh Rasulullah selama ini. Para jamaah tertegun dan hati mereka diliputi kesedihan teramat dalam, perasaan mereka makin kuat bahwa Rasulullah akan meninggalkan mereka.Para jamaahpun menangis.

Berkali-kali Rasul bertanya dan selama itu pula jamaah hening dalam tangisnya. Sampai akhirnya seorang pemuda bernama Ukasyah berdiri dan berkata:

Saya, ya Rasulullah. Saya pernah tersakiti olehmu”.
Dulu, aku pernah bersamamu di medan badar dan untaku berdampingan dengan untamu ya Rasulullah. Maka, aku turun dan menghampirimu ya Rasul. Karena untamu tidak jalan maka kau pukul untamu dan mengenai lambung sampingku.

Lalu Rasulullah meminta salah seorang sahabatnya untuk mengambil cambuk di rumah Rasulullah dan kemudian cambuk berpindah ke tangan Ukasyah.

Pukulah aku wahai Ukasyah”, seru Rasul.

Mesjid terguncang.

Serta merta sahabat Rasul Abu Bakar dan Umar bin Khattab melompat untuk menahan Ukasyah.

Abu Bakar : biarkan aku saja yang di pukul ya Rasul

Umar Bin Khattab: aku juga bersedia menggantikanmu ya Rasul. Wahai Ukasah pukulah aku.

Tidak hanya mereka berdua, Ali bin Abi Thalib juga kedua cucu rasul Hasan dan Husenpun bersedia untuk menggantikan Rasulullah, lihat, betapa besar rasa cinta mereka kepada Rasul. Semoga Allah menempatkan mereka di surgaNya yang tertinggi.

Tapi Rasul segera memberikan badanya kepada Ukasyah,” Ya Ukasyah pukulah aku”.
Ukasyah belum bergeming.

Ukasyah: Ya Rasul, sesungguhnya dulu ketika kau memukulku, aku tidak menggunakan selembar kainpun di badanku.

Lalu Rasulpun membuka bajunya, padahal kondisi beliau belum pulih total dari sakit.
Para jamaah berteriak histeris dan seketika mesjid pecah dengan tangis.

Tapi apa yang terjadi?
Seketika cambuk terkulai.
Ukasyah membuang cambuknya dan memeluk tubuh Rasulullah dengan erat.

Ukasyah: Siapa pula yang tega memukul engkau ya Rasulullah? Aku berbuat demikian semata hanya ingin mendekap tubuhmu ya Rasulullah agar dengan kehormatan dan kemuliaanmu Allah swt dapat menjagaku dari jilat api neraka. Karena sesungguhnya aku begitu memuliakanmu wahai Rasulullah.

Semua jamaah terpana, menyaksikan bagaimana kecintaan Ukasyah terhadap Rasulullah sampai begitu ingin memeluk Rasulullah secara langsung.

Akhirnya Rasulullah berkata: ketahuilah wahai para sahabat, Barang siapa ingin melihat penduduk surga, maka lihatlah pribadi laki-laki ini!

Para jamaah seketika bangkit dan merangkul Ukasyah seorang penduduk surgaNya Allah kelak.

45 komentar sahabat:

sekarang, bagaimana manusia yang hidup di jaman sekarang seperti kita mewujudkan kecintaan kepada Rasulullah?

 

@Ra-Kun: salah satunya dengan menjalankan sunnah rasul di kehidupan kita:)

 

beruntungnya hidup di zaman rosul n dekat denag beliau , hidup damai dan bisa melihat langsung idola tercinta tp jd umat nya jg udah syukur banget :)

 

Saleum,....
Kisah yang sarat makna.... beruntungnya si Ukasyah yang telah mendekap langsung tubuh Rasulullah...

 

ini kisah paling bisa bikin aku nangis...

 

ah jadi terharu..kalo aku mungkin belum bisa seperti itu..sial.

aku sih dulu suka banget baca, apa aja, termasuk cerita nabi kayak gini. buku satu udah, buku lain belum ya aku baca lagi biar ceritanya mirip.pengen bandingin ceritanya juga sih, karena sedikit banyak biasanya pasti ada bedanya :p

 

blue suka post ini
salam hangat dari blue

 

semoga kita semua dikumpulkan di dalam surga nanti amin :)

 

makasih ya ... telah mengingatkan utk selalu mengikuti ajaran Rasullah ... smg kita menjdai ahli surga ...Aamiin

 

tetap lah menjadi penduduk surga walau di bumi ya mbak

 

assalamu'alaikum Non Chika,
setiap kali saya membaca cerita sahabt dan sahabiyah Rasululloh saw seringkali saya menangis karena pribadi mereka sangat jauh dari keadaan saya. Sungguh mereka ikhlas atas jiwa dan raga demi Alloh SWT dan Rasul-Nya

 

cinta kita kepada dunia kadang lebih besar dari kecintaan kita kepada Allah dan rasulNya. makasih udah ngingetin ya, Nova...

 

@Insan: iya, jd umat rasul aja udah beruntung, mari kita hidupkan kembali sunah rasul d kehidupan kita:)

@dmilano: waalaikumussalam. iya, beruntung beliau. semoga kita bisa mencontoh pribadi beliau

 

@Hilmy Nugraha: iya, aku juga tersentuh ama kisah beginianT.T

@Yen: wah, yen keren baca yang beginian:)

 

@bluethunderheart: maksih:)

@chika: amin ya Allah:)

 

@Haryanti sukma: sama2 bu. saling mengingatkan:)

@jumialely: bener banget mbak:)

 

@Djangan pakies: waalaikumussalam. Saya juga suka minder sendiri, belum ada apa-apanya:(

@-rif: bener mbak rifka. iya, sama2:)

 

@ Yen: tetep aja keren yen,hehhe

 

kalo menurut ustad zainudin mz nama sahabat yang melakukan itu adalah sawad.

 

wow...cerita yang menarik..saya mau mengenal pribadi ukasyah...karena saya mau masuk surga...amin...

salam :)

 

@Muhammad A vip: mungkin ada beberapa sahabat mas, diantaranya Ukasyah dan Sawad. wallahualam

 

@Nufri L sang Nila: saya juga...hehehhe...
waalaikumussalam

 

aku laki2...tapi..jujur..kisah ini membuatku menitikkan air mata...Aku Cinta Rosul!!!

 

aku pernah baca ni cerita... subhanallah,,, begitu cintanya para sahabat pada Rasul.... keren...
aku aja kadang diajak mauludan masi males2an...

 

Ali Imran : 31 :)
"Katakanlah (muhammad) : 'Siapa yang mencintai Allah maka ikutilah aku. Niscaya, Allah akan mengasihi dan menghapus dosa-dosamu.' Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

 

subhanallah :')
pengen baca kisah-kisah yang lainnya :D

 

oh namanya ukasyah yah? selama ini aku ga tahu namanya

 

Subhanallah, sungguh nikmat di cap sebagai penduduk surga, oleh rasulullah malah :)

 

mengingat akan Rosul penting sekali nih apalagi untuk anak2 jaman sekarang

 

postingan yang bagus karna udah mengingatkan kita pada sang pencipta...

slamat hari kartini

 

ceritanya mbak, selalu bagus
seneng bacanya ..

o^-^o

 

Ukasyah yang mencium Rasulullah... jadi inget.. :(

 

aduh....aku sampe terharu Non...
Kisah yg bagus ..., pantas dikau pingin mbaca...:)

 

jika surga dan neraka, tak pernah ada, masihkah kita beribadah kepadaNYa?? :)

 

wah,mendengar kembali kisah penuh hikmah ini. dulu saat masih remaja saya pernah mendengar cerita ini didongengkan oleh papa saya... sungguh beruntung sahabat rosul itu ya, dia akan terhindar dari jilatan api neraka karena begitu mulianya nabi kita....Muhhammad saw. :)

 

blog ini adem sekali.. ceritanya juga sarat makna.. thanks udah mampir ya! :)

 

@Tukang Colong: :D

@Adit Mahameru: waw, keren!

@Dian Eka: betul itu mbak:)

 

@Siti Nurul Falah: ayo, dibeli bukunya,heheh:P

@Noel Lubis: :D

@r10: wah, kamu kenal? pernah ketemu dimana??hehe:P

 

@iam: tentu saja:)

@lidya: iya mbak:)

@daur ulang: terimakasih...

@dilla: wew, makasih banyak dilla,hehhe:P

@dhila13: :)

@iffa hoet: iya ni, pingin baca lagi...

 

@Kira: wah, ini lagu ahmad dhani itu ya???

@senja: wah, mbak dah lebih dulu dengar ya

@Gek: makasih banyak

 

Subhanalloh mbak, merinding aku bacanya.
Saya suka baca kisah Rasul, terakhir baca yang karangan Tasaro GK,

 

@Ajeng Sari Rahayu: yang karangan Tasaro itu judulnya Muhammad ya Ajeng? iya, itu keren.

 

Posting Komentar