- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Jangan Samakan dengan Adik Saya

Kami hanya 3 orang bersaudara, saya anak pertama, adik kedua perempuan, jelang semester akhir perkuliahan, yang bungsu anak laki-laki satu-satunya kelas 2 SMA. Kali ini saya coba cerita tentang adik saya yang laki-laki ini yang jarang sekali akur dengan saya. Adik bungsu saya yang sedang mengenyam masa-masa SMAnya. Tapi tolong, jangan bayangkan adik saya seperti seorang remaja SMA pada umumnya, yang sedang menikmati indahnya masa-masa remaja, dia beda, beda jauh.

Masa-masa remajanya diisi dengan belajar dan belajar. Ya, dia maniak belajar.keranjingan belajar, study holic, gila belajar, atau apapunlah namanya yang menggambarkan bagaimana kecintaan seseorang terhadap belajar. Sebab itu, kini dia berada di sekolah unggul di Banda Aceh dan tinggal di asrama, karena memang sekolahnya mengharuskan muridnya tinggal di asrama.
Adik saya ini cenderung pendiam dan gak suka basa basi, main lagsung-langsung aja. Suka bilang suka, gak suka bilang gak suka. Rasanya adik saya ini tidak mengenal kalimat “ saya suka, tapi………..” atau “saya tidak suka, tapi…………”, yang hanya ada adalah “saya suka” dan “saya tidak suka” atau “saya mau” dan “saya tidak mau”.Titik. Sifatnya ini yang cenderung bikin saya sama dia beda jauh, kalau saya orangnya plin plan, cerewet, banyak omong, suka usil, jahil, aduh, jelek banget ya sifat saya,hahha….tapi satu hal yang bikin saya klop sama dia adalah masalah belajar. Dulu, waktu sekolah saya seorang yang maniak belajar juga, lebih tepatnya terpaksa maniak belajar lantaran otak saya rada lemot kalau gak belajar. Sebab itu, dia suka nanya-nanya pelajaran ke saya, pokoknya kami hanya bicara panjang lebar kalau ngomongin masalah palajaran, bahasa inggris, berita, atau informasi-informasi penting dan terkini. Kaya dulu, lagi musim crop circle, saya suka baca bahan-bahan adik saya ini yang dia download dari internet, ternyata dia udah baca-baca masalah crop circle ini setahun yang lalu, waktu masih kelas 1 SMA, jadi dia udah banyak banget tau masalah crop circle ini. Beda banget ama saya yang tau kalau beritanya udah beredar *masih untung tau ya,hahhaha

Oia, ngomong-ngomong masalah internet, pasti emak bapak saya bangga banget punya dia dan gak merasa menyesal beli modem dirumah, soalnya kalau konek internet yang dia browsing adalah berita, info-info terkini, kaya olahraga, teknologi, dan tidak untuk selebritis, secara dia benci banget sama infotainment. Meski dia punya FB tapi kalian bisa liat, dia update statusnya 3 bulan sekali,itupun kalau ada *duh, beda banget sama saya, bentur kepala ke tembokT.T.

Salutnya lagi, kalau di asrama dia cuma dikasih laptop sama ayah, itupun ayah saya yang maksa supaya dia punya laptop (*hua…saya jd merasa gak guna banget, tiap hari banyakcminta:( ) tanpa dikasih modem, jadi laptopnya bener-bener cuma buat menunjang belajarnya aja, tapi dia selalu aja update informasi. Tiap pagi dia buka internet melalui HP (lagi-lagi, jangan bayangkan HPnya hp mahal, hp dia Cuma punya mp3 dan bisa konek internet,Cuma itu kelebihannya) buat nyari berita, semua situs-situs berita teknologi, Koran, bakal dia buka, jadi dia update banget kalau masalah informasi *duh, adek gue T.T

Satu hal lagi yang bikin adik saya beda ama remaja biasanya, jangan pernah punya niat baik ke dia untuk ngasih HP mahal apalagi blackberry, karena dia gak bakal nerima. Prinsip dia dalam ber HP adalah apa yang dia butuhkan. Dia butuh telepon, sms, denger music, sama internet.jadi ya, dia punya HP yang ada fitur itu aja. Jangan pernah ngasih HP kamera ama dia, karena kamera itu emang ga perlu banget menurut dia.

Kesamaan saya sama dia adalah kami sama-sama bukan orang yang peduli banget sama penampilan. Apa adanya aja. Itulah kenapa emak bapak kami suka rada cerewet sama kami dalam hal penampilan. Jujur, saya paling ga suka pake emas. Tubuh saya emang polos banget, ga ada emas yang bertengger, bahkan antingpun saya ga pake. Inilah yang bikin emak saya selalu merepet ke saya, beliau beliin saya cincin dengan harapan kalau udah dibeliin saya bakal pake, tapi, saya cuma pake kalau emak saya udah merepet, selebihnya ya..mohon map ya mak, saya gak suka pake emas:( (jadi, kalau liat saya pake emas, itu artinya emak saya udah merepet ke saya:D)

Pun adik saya, dia make sepatu, baju, celana seadanya aja. Apa yang ada aja. Padahal ayah beliin dia baju, celana, sepatu bagus bagus banget, setiap dinas ke luar kota pasti ayah bawain sesuatu buat dia, entah itu baju, sepatu, celana, atau apapun, tapi tetap aja dia suka make yang punya lama.
Ini bikin mama, ayah, dan adik perempuan saya suka merepet ke dia, tapi kalau saya gak pernah mempermasalahkan hal ini.

Pernah suatu ketika saya ngambilin rapot dia di sekolahnya, berhubung orang tua pada ga sempat.
Disitu rame banget orang tua murid, jadilah saya tersesat di sarang para orang tua:D
Terjadi percakapan seperti ini:

Saya : buk, saya mau ngambil raport adik saya, Arif.

Bu Guru: oh, kakaknya ya, sebentar ya.

Sembari ibu guru nyari-nyari rapot adik saya, tiba-tiba seorang ibu ngomong gini ke saya

Si ibu: apa tadi kamu bilang? Kamu kakaknya Arif ya?

Saya : iya buk

Si Ibu : kakak kandung*duh ni orang ga percaya banget ama gue:(

Saya : iya buk*senyum palsu

Si Ibu: Ya Allah, anak saya sering banget cerita tentang si Arif. Dia kagum kali sama Arif

Saya :ha?????? *nganga dengan radius mulut sekitar 10cm

Si Ibu: iya, tiap pulang ke rumah dia selalu cerita, katanya Arif itu rajin kali, pinter, pendiam, baik, sopan, patuh *duh, ini beneran adik gue bukan ya?

Saya: ha, yang bener buk? Anak ibu perempuan?

Si Ibu: iya bener. Anak saya perempuan, namanya Dila, mungkin arif suka cerita

Saya : oh, mungkin ada buk, tapi saya suka lupa,hehhe…*boro-boro dia mau cerita, kayanya dia emang ga napsu ama perempuan buk.

Nah, itu juga salah satu pembeda dia sama remaja SMA pada umumnya, dia itu emang ga ada napsu-napsunya sama perempuan. Padahal ya, semenjak SD udah ada cewe-cewe yang suka nelpon-nelpon dia. Jadi kesian kalau ada cewe yang suka sama adik saya ini, pasti ga dipeduliin. Oia, satu hal, dia benci banget sama cewe yang rada genit. Tiap liat cewe genit dia pasti bakal emosi banget karena gak masuk banget di akalnya kok bisa ada cewe genit begitu, dan itu sangat menyebalkan.
Satu lagi, cewe alay, dia benci banget cewe alay, baik alay dari segi penampilan, foto, maupun jenis tulisan.

Ayah saya sempat cemas juga kalau dia sama sekali ga menunjukkan gejala tertarik sama cewe, tapi adik saya bilang gini, kurang lebih isi kalimatnya begini:
Sekarang saatnya belajar dan mengukir prestasi, supaya cita-cita bisa tercapai, orang bukan dinilai dari penampilannya melainkan otaknya.
*duh, adek gue T.T

Mudah-mudahan suatu saat dia bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Kakak sayang kamu^^.

59 komentar sahabat:

hhaha, ajaib juga ya adek lu, salut dah. kalo bocah seumuran dia masih sibuk hedon, dia malah jadi study-holic.

eh, kalo emasnya gak dipake, kasih ke gue aja. kan lumayan buat jajan, hhehe :p

 

^OPI:iya, langka banget kan? ah, ya..saya berniat meletarikannya,hahhaha:D
kalau bisa di jadikan duit, udah duluan saya lakuin,hehhe:P

 

bangga banget ya punya adik kayak arif. teladan deh pokoknya

 

^tukang colong: ada bangga ada enggaknya. saya malah suka berantem ama dia.hahha:D

 

wew! kebalikan dari adek anis mbak..laki-laki juga..
pinter, tapi ga suka nulis. lamaa banget kalo nulis. dan belum menunjukkan gejala napsu-napsu sama perempuan. secara 4 kakak dan 1 adik perempuannya ganas-ganas.. trauma kali yaa..heheh

salam buat adik mbak ya..:) *mencoba peruntungan. hohoh

 

wah,salut buat adenya..
sempurna..
beda ama Gue..
palagi masalah cewe..
jauh banget
*GUBRAK

 

ah, jadi inget adikku. orang suka bilang,
"wah, kakanya cina kok adiknya kaya orang ambon, ya?"
mereka gak tau kalo 2 ras boleh2 saja menikah, hahaha.

arif, adikmu meski kesannya slengean, tapi maksudnya baik. good luck buat adiknya :D

 

aku juga ngak suka dibanding-bandingin sama mbakkua....yang inilah yang itulah... huhuhuh :'(

 

yg penting dia heppy dgn yg dia kerjakan, soal nafsu apa gak ma ce itu mah "belon aja" hehehe, salam buat adikmu dari kk ipar (lhoo) :)

 

wah..jarang loh ada anak laki kayak dia...


nanti jd dosen kayaknya....

 

yaampun adeknya kakak ga capek apa belajarnya? jadi merasa bodoh saya ini hehe

 

^vanilaeru: oh..adek anis mungkin belum tau aja dahsyatnya menulis,hehhe:D
hoho..nt saya salamin, mungkin setelah disalamin dia jd mau makan.LHo????hahhaa

 

^ione: adek saya kadang membanggakan dan kadang menjengkelkan,hehhe..wew, kamu pencinta wanita banget ya??hhahha:D. Hati-hati:P

^dunia kecil indi: wah, saya sama adik juga beda mbak,hehhe....iya, mudah2an saya selalu bisa liat sisi baiknya=)

^rabest: kayanya emang ga ada yg suka dibanding2in:D

^aulawi: iya mas, lagi pula itu masih positif kan,hehhe..aih...begini-begini mulu.

^dhymalk: memang dosen begitu ya masa mudanya?ehhehhe

 

^rizkimufty: tau tuh, kakak aja yan cuma liat capek,haahahha:D

 

gyahahah... moga2 adeknya nggak baca ini deh. wahaha.. lah koq malah mengira adeknya nggak suka perempuan.. mungkin standarnya terlalu tinggi kalii. kalo milih wanita harus yang begini dan begitu.

nggak papa kali, mungkin emang waktunya adekmu seperti itu. itu proses, yang ada kemungkinan bisa berubah di kemudian hari.

nggak ada foto kamu sama adekmu ya?. kan lumayan bisa diikutin kontesnya tante Lidya.

 

^gaphe: soalnya ga ada gejalanya mas.iya, mudah2an ga baca, karena kalo baca pasti dia ngamuk ke saya, secara dia benci banget jd terkenal (keanehan lain dari adik saya).

ada sih sebenarnya, tp rada kurang eksis ni, saya kurang suka upload poto mas, jd upload pas lagi kumat aja,hehhehe

 

adeknya super sekali, pak mario(?)
jauh beda juga sama saya yang kebanyakan main. hhu

 

waduhhh ade' nya pinter habis..bagus bangat tuh cara berpikir dia... dan kalimat yang dia lontarkan. "orang bukan dinilai dari penampilannya melainkan otaknya " ...

kalimat yang sangat aku suka...slam pinter buat ade' nya...lama-lama dia pasti butuh yang namanya wanita, mungkin kejar prestasi dan cita2 dulu..

 

^dhita: sama saya juga jauh beda dianya,hehhe

^richardo: iya, mungkin begitu, belajar dulu yg penting:D

 

hihihi... klo skrg dia doyan belajar, support aja dulu :)
gw suka gaya adek loe nov.. :p heheh pake HP berdasarkan kebutuhan, gk ikut2an...

 

hahaa.. sumpah, ngakak. ada gitu kakak yg bilang2 adeknya ngga napsuan ama cewek. (doh!)

 

bener-bener adiknya sesuai namanya ARIF dan BIJAKSANA... untuk seumurnya itu, saluut

 

ih kakak, adiknya persis deh kyk temen diah cowok tapi bedanya klo adek kk pinter banget klo temen diah "entahlah" haha #semoga si teman tidak keselek :p

terus terus kan diah juga curiga pa mungkin temen diah ni kagak selera ma cewek kali y !! :O
:p

 

happy family....
moga rukun selalu..
btw, kunjung balik yak

 

paling ga enak kalo disama-samain
apalagi dibeda bedain..
eh, trus pilih mana dong..?

 

waw..klo ada tmn adek mu yg naksir n baca tulisan mu ini pasti dy makin digilai wanita nov, hehehe..

salam buat adeknya,jarang loh ada cowo di usia muda gt punya pemikiran yg ky gt..salut :)

 

ya..emang begitu mbak..satu keluarga itu belum tentu sama..kayak saya sama adek saya juga beda..hehehehe...

 

^zasachi: kalau masalah itu, saya emang support habis-habisan deh:D. waduh, kok jd banyak yg naksir ke adek saya gini ya???hahahha

 

^kantong plastiK; iya lho melyn.kalo melyn jd kk pasti bakal punya pemikiran begini juga:D

^ami: itulah maksud ortu kami kasih nama dia, supaya bijaksana:)

^diah: oalah...hahhaha...:D

 

^muhjrs: amin ya rabbal alamin. mudah2an=)

^rawins: iya, kayanya emang ga ada yg suka disamain:(

^dv: waaahhhh...hahhaha....oke=)

^nyitnyit: sure=)

 

kalo berantemnya masih wajar, itu malah nambah keakraban. pas ga ada bersama, pasti malah kangen jadinya. :D

 

mungkin dengan belajar dia bisa menikmati :)

 

^tukang colong: betul betul, kalo jauh jadi kangen:D

 

^john: iya, mungkin gitu ya om,hehhe

 

Hai Nova, aku berkunjung kembali *so what? hihihi*
Senang ya punya adik seperti itu. Arif yg sangat arif memandang hidup he he..

 

^Orin: hai Orin, wah..makasih ya kunjungannya...=)

 

ahhh, punya adek. saya punya adek cewek, suka berantem sama saya. kadang saya yang rese duluan, kadang adek yang rese duluan. di rumah kami berdua tuh kayak anjing dan kucing :D

 

subhanallah mbak,.
adek na ebat bgt,.
smg mbak na bs berubah yha kyk adek na,.
ehehehehehehe
*just kiding mbak

bnr" ebat adek na mbak thu,.
jrg da kyk gt,.
pa gee cwok,.
ehehehehe

ane doain smg adek mbak sukses k dpn na,.
amin yha rabb
:)

 

hebat adiknya... jarang banget ada anak SMA yang peduli study kayak dia...
eh, btw aku juga ga suka pake emas... pokoe ga suka. kalo udah kepentok aku mau pake tapi yang emas putih ato monel... jangan yang kinclong2... ga suka...

 

jadi penasaran sama Arif, pajang fotonya dong mbak.. :))

 

adeknya top deh, idaman calon mertua itu

salam kenal, Nova

 

Hebat adenya,....
emang bener sih, pelajar itu masa-masanya belajar, bukan pacaran...ya...tapi, mungkin karena darah muda,... masa puber...

Sukses deh buat kakak dan adiknya.... ^_^

 

Ade' yg memberikan contoh teladan yg baik bwt sang kakak..........jiehehhehehee.......

 

^eks:saya juga suka berantem sama dia,hehhe:P

^blackdevil: amin. makasih ya=)

^Aina: wew, ada kawan.hahha:D

^miwwa: coba klik tulisan biru di kalimat pertama itu, ada foto arifnya disitu^^

 

kakakku cewek, adek ku cewek, gak ada yg mirip, jd ga dibanding2ngin, hehehe
tapi aku jg syang banget ma adekku, paling cantik dan paling pinter...:)

 

^monda: hahahha..mudah2an dia bs suka ma cewe jd bs punya mertua,hehehehe:P

^teras info: makasih:D

^MR TM: jiaaaaahhhhh....

^deah: salam kenal balik=)

 

nha, yg bikin saya penasaran, apa yg bikin dia bisa kayak gitu? mungkin dulu waktu ibunya nova hamil dia, ngidamnya rada beda gitu misalnya. hahaha.

salam kenal juga. :)

 

^kira: emang kalau adik harus disaya ya=)

 

^cho: kayanya emak saya biasa aja deh hamilnya dulu,hehehhehe:p

 

wow... wow... keren juga kalimat penyanggah dari adik mbak itu... salut sama dia yg hobi belajar... di masa depan, malah tambah banyak kali cewe2 yg mendekat krn dia bekerja dan mapan dari hasil otak yg dia pake untuk belajar selama ini. :)

 

mestinya memang orang dinilai bukan dari tampilannya, tapi kenyataan berkata lain. penampilan nomor satu, isi kepala gak penting.

 

kunjungan perdana lagi.ehheh
salam persahabatan

 

^ferdi: mudah2an begitu ya ferdi=)

^Muhammad a vip: sayangnya sekarang banyakan begitu:(

^kezedot: *ikutan kezedot,hahhaha...makasih ya...

 

Wah si Arif berbanding terbalik dengan saya...jaman SMA demen bolos terus goda'in cewe...Saran aja buat Arif jangan terlalu tertutup ya sama cewek

 

^Riez: hehhe..orang memang punya stylenya masing2:D

^Fahrie: saya juga.hahhahaha *ngarep.com

 

malah bagus donk Arif menjadi se-arif namanya! ;)

 

@bundamahes iya, mudah2an dia bisa arif terus sampe tua:)

 

Posting Komentar