- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Bikin Mewek | Renungan Bersama

Mohon dibaca dengan teliti, sebagai bahan renungan bersama. Sebuah surat dari orang tua yang begitu mencintai kita di dunia ini.
********************************************************************************



Anakku yang kusayangi

Pada suatu saat dikala kamu menyadari bahwa aku telah menjadi sangat tua, cobalah berlaku sabar dan cobalah mengerti aku

Jika banyak makanan yang tercecer dikala aku makan….…
Jika aku mendapat kesulitan dalam mengenakan pakaianku sendiri……… sabarlah !
Kenanglah saat-saat dimana aku meluangkan waktuku untuk mengajarimu tentang segala hal yang kau perlu tahu, ketika kau masih kecil.




Jika aku mengulang mengatakan hal yang sama berpuluh kali, jangan menghentikanku dan mohon dengarlah aku .
Ketika kau kecil, kau selalu memintaku membacakanmu cerita yang sama berulang-ulang, dari malam yang satu ke malam yang lain hingga kau tertidur. Dan aku lakukan itu untukmu anakku.

Jika aku enggan mandi, jangan memarahiku dan jangan katakan kepadaku bahwa itu memalukan
Ingatlah berapa banyak pengertian yang kuberikan padamu menyuruhmu mandi dikala kecilmu.


Ketika aku tak mampu menggunakan teknologi, jangan tertawakan aku. Mohon ajarilah aku dengan sabar.
Ingatlah bagaimana aku mengajarimu banyak hal …. Cara makan yang baik……cara berpakaian yang baik…….berperilaku yang baik………..bagaimana menghadapi problem dalam kehidupan…..



Jika terkadang aku menjadi pelupa dan aku tidak dapat mengerti dan mengikuti pembicaraan, beri aku waktu untuk mengingat dan jika aku gagal melakukannya jangan sombong dan memarahiku, karena yang penting bagiku adalah….aku dapat bersamamu dan dapat berbicara padamu.

Jika aku tak mau makan, jangan paksa aku !
Aku tahu bilamana aku lapar dan kapan aku tak lapar

Ketika kakiku tak lagi mampu menyangga tubuhku, untuk bergerak seperti sebelumnya…..
Bantulah aku dengan cara yang sama ketika aku merengkuhmu dalam tanganku, mengajarimu melakukan langkah-langkah pertamamu……




Dan kala suatu saat nanti, ketika aku katakan padamu bahwa aku tak lagi ingin hidup…………, ketika aku ingin mati….., jangan marah…, karena pada saatnya nanti kau juga akan mengerti !
Cobalah untuk mengerti bahwa pada usia tertentu, kita tidak benar-benar “hidup” lagi, kita hanya “tidak mati”.



Suatu hari kelak kau akan mengerti bahwa di samping semua kesalahan yang aku buat, aku selalu ingin apa yang terbaik bagimu dan bahwa aku siapkan dasar bagi perkembangan dan kehidupanmu kelak.

Kau tak usah merasa sedih, tidak beruntung atau gagal di hadapanku melihat kondisiku dan usia ku yang sudah bertambah tua.
Kau harus ada didekatku, mencoba mengerti aku bahwa hidupku adalah bagimu, bagi kesuksesanmu, seperti apa yang kulakukan pada saat kau lahir.

Bantulah aku untuk berjalan, bantulah aku pada akhir hidupku dengan cinta dan kesabaran.

Satu hal yang membuatku harus berterimakasih padamu adalah senyum dan kecintanmu padaku.



Aku mencintaimu anakku………
Ayahmu, ibumu


***Aku tak tau pasti dari mana sumber ini kudapat, file ini hanya bertengger di laptopku untuk waktu yang sudah sekian lama.

66 komentar sahabat:

Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang terindah..tak akan bisa kita membalasnya.

 

saya jadi rindu rumah dan orangtua...

 

@Sarah Azahra: bener banget mbak.

@Ra: wah, ayo pulang kalo begitu:D

 

Subhanallah...
sangat menyentuh hati sekali cerita ini... ada saatnya kita menjadi seperti bayi kembali kelak...

 

deeply touching...
salut sama penulis & perangkai kata-katanya

 

tidak ada kasih sayang yg lebih baik drpd kasih sayang orgtua...,

Tidak ada istilah orgtua durhaka, sebab kesalahan mrk....,

Jika orgtua berbuat salah, hanyalah sebuah kekhilafan, mrk pun manusia biasa...

 

ada masanya juga kita nanti akan menjadi seperti mereka, jadi apa yang kita lakukan sekarang untuk orang tua kita, semacam hal yang sama juga nanti yang akan dilakukan oleh anak-anak kita.

hemm, berhubung belom pernah punya anak.. menyayangi orang tua dulu deh. :)

 

cinta orang tua akan benar-benar kita rasakan ketika kita sudah memiliki anak (dan sudah saya rasakan).
dilain pihak, masih banyak kita temukan anak yang begitu lalai kepada orang tua yang sudah renta, padahal islam sudah memberikan petunjuk untuk itu:

“Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ (AI-Isra’: 23)

“Merugilah seseorang yang hidup bersama kedua orang tuanya atau salah satunya di saat mereka tua renta, namun ia tidak masuk surga” (HR. Muslim)

 

“Merugilah seseorang yang hidup bersama kedua orang tuanya atau salah satunya di saat mereka tua renta, namun ia tidak masuk surga” (HR. Muslim)

setuju.........

 

@Arkan Azis Kusuma: bener banget

@cays: aku juga, baca awalnya aja bikin trenyuhT.T

@hilsya: iya:)

@gaphe: bener itu mas

@djangan pakies: wah..berhubung belum punya anak jd belum tau pak,hehe

 

menggugah banget sekaligus sedih hikz...
Kebanyakan kita tdk sadar apa saja yg sudah di berikan org tua kepada kita. Semuanya... Hal sepele pun akan menjadi luar biasa di saat kita sudah kehilangan org tua karena umumnya penyesalan itu datangnya di belakang.. Mdh2an jadi semacam peringatan buat kita hehe..

 

benar-benar sebuah surat yang bagus, sangat memberikan pencerahan, terima kasih sudah membaginya..

saya akan lebih berterima kasih kalau di ijinkan untuk nge save, surat ini. :)

 

Aduh2, ni post beneran bikin gua mau mewek >_<
Jadi kangen rumah aaaaa...

 

Nova .... aku terharu nich bacanya ... jadi ingat ORTU di Padang .... (ngalir nich air mata)benar2 mewek dibuatnya...

 

Subhanallah... sungguh pencerahan yang membuat saya berfikir sudahkah saya melakukan hal yang terbaik untuk orang tua...:) semoga bermanfaat mbak

 

surat ini penting untuk dibaca oleh semua orang yg merasa punya orang tua. Saya yakin sekali, orang tua yang menulis surat diatas telah mendapatkan perlakuan yg kurang baik dari anaknya. Tapi itu mungkin si anak belum tahu bagaimana yg dirasakan org tuanya. Surat ini harus tersebar. Terima kasih sudah mengingatkan

 

semoga aku bisa mengamalkannya, insyaallah...amin3x...

 

ketika akan marah, semoga selalu ingat artikel ini. :)
ingat kasih sayang orang tua kepada kita yg tidak dapat kita hitung jumlahnya, tidak dapat kita beli dgn materi.

i love you my parents ^_^

 

Indah nian surat ini..
gemeteran tadi bacanya.
terima kasih ya, sudah menampar hatiku yang kaku..

Salam Satu Spirit
"Putri Jrs"

 

subhanallah jadi pengin nangis inget ibu bapak...

 

Coba juga deh baca kisah yang satu ini -->> http://arkan-indo.blogspot.com/2011/03/gaji-papa-berapa.html

sama-sama memberikan pelajaran berharga ko' ^^

 

Teringat pas waktu kecil..

 

hiks, sedih bgt sihhh... huaaa kangen papa n mama di aceh

 

sedih juga bacanya, pada kenyataan nya emang itu sering terjadi jika ibu atau bapak sudah tua si anak atau menantu bahkan cucu nya sendiri suka memperlakukan si orang tua seprti itu, dan itu nyta dari cerita temen kantor aku....

tanpa mereka kita bukan apa2..hormati lah ayah dan ibu mu

 

aku cinta kedua orang tuaku..................

 

so sad...
thx sdh berbagi posting yang mengingatkanku untuk senantiasa berbakti :)

 

hiks kadang saya tidak sabar. ternyata menjadi orang tua itu bisa dijadikan tempat belajar sabar

 

glek, pikiran pertama yang muncul di kepala gue, apakah surat ini real?? meskipun fiksi, apa yang ada di pikiran penulis waktu ngarang surat macam ini??..entah, yang jelas rentetan kata2nya menusuk, tajam.

gue jadi terinspirasi buat nulis ini ke anak gue nanti, dan kalo anak gue nanya dari siapa bapaknya bisa nulis surat macam itu, gue bakalan bilang "Tante Nova yang ngajarin..",:D

haaahh, jadi kangen ortu..

 

hiks, hiks,, jadi ingat ortu yang sudah sepuh

 

Intinya adalah kasih sayang orang tua adalah sepanjang masa. Sedangkan kasih sayang anak kadang hanya sebatas galah saja. Untuk itulah, marilah kita menadi anak yang selalu berbakti untuk orangtua kita

 

ternyata ceritamu ini...benar2 buat aku jd nangis deh....krn aku sudah tidak punya orang tua lagi...

 

gw udah pernah baca nov.... waktu itu baca notesnya temen di fb... emang bagus banget.... hehee

 

semoga Alloh mengampuni dosa kedua orangtuaku dan menjaga mereka selalu, serta selalu diberikan kesehatan...amin..

miss them.. :(
TFS, Nov..

 

aku pernah liat yang versi video-nya nih, kak.
hampir mirip begini juga kata-katanya. Sedih banget T.T

 

Cinta orang tua kepada anak yang tak ternilai kapan habisnya...

Sedih bacanya...jadi inget waktu ayah sakit parah

 

wah, sedih juga ya. menyesal banget klo dulu pernah dimarahi orang tua...

 

Uh mengharukaaaan... thanks for sharing, Nov.

 

Ya Allah.. Nova... jadi pengen nangis beneran nih... terharu banget... sediiiih...

 

Jadi sedih, beruntung sekarang saya sudah dapat dekat dengan ortu.

 

^_^ . . .

aku jg dah liat videonya...

sedih bangett...

bikin semua berurai air mata... :)

 

wah.. keren... ada award buat kamu. diambil ya..:)

 

sering banget nemu postingan ini, tapi tetep aja tiap kali baca selalu mewek :-(

 

Bagaimana mungkin kita tidak mencintai para pecinta tulus ini?

 

maaaaaakkkkkkkkkk... aku sayang mamak. janji bakal jaga mamak waktu tua nanti :'(

mamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakk.. nangis guleng, manjat2 pohon.

 

cuman orang tua yang bisa ngasih kasih sayang yang bener-bener kasih sayang #njlimet... kalo pacar itu cuman nafsu...

 

jadi nangis,,,,,,,,,, sama kaya mutia, kangen bapak dan mami di Aceh juga,,,pulang bareng yuk Mut? ntar kopdar deh ma nova, hehe..

Tq Nova....

 

saya sudah baca dan merenunginya. terimakasih. tolong jangan dihapus file-nya bahkan ketika nanti laptopnya dijual.

 

pernah baca ini sebelumnya,
tapi tetap aja mewek walaupun di baca berulang kali,

semoga masih sempat berbakti pada orang tua :curcol anak ratau, hiks

 

jadi kangen orang tua yang jauh........... :'(

 

benar2 bikin mewek.. huaaaa :((

jdi teringan orang tua yang jauh....

 

wah keren banget! bikin terharu :)

 

pernah baca tulisan ini di selebaran mbak,,lupa tapi apa,
waktu bacaa pertama kali aku nangis.. :'(

pas baca sekarang, nangis lagi tap cuma dikit, kok yo momennya pas banget, aku lagi ikut urusin mbah kakung ku yang udah tua...banget, ya kayak giu kurang labih kelakuannya..kadang jadi nggak sabar.. :((

makasih ya mbak dah secara nggak langsung ngingetin saya..

 

duh Nova...siang2 bikin disini pengen nangis aja! :(

 

saya membaca sempat tertegun, hampir nangis... hmmm untung gak jadi, ada siswi yg liat... gak jadi malu deh

 

hiks.... teringat hanya ada seorang ibu di sisiku,,,, kangen ayah di alam sana....

 

salam sahabat
hehehe bikin mewek dari sini dapat diketahui bagaimana menyikapi kejadian yang ada.maaf telat ya

 

udah banyak huruf, kata dan kalimat tuk comment post ini.
aku jdi binun mw comment apa ...
he he he

tpi,
wallahi ini inspiratif ^^

 

rindu orang tua..

 

mengingatkan diriku..

 

cinta orang tua kepada kita sepanjang zaman, aku harus bersabar...kita semua harus bersabar

 

Posting Komentar