- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Yang unik bikin lap ences

Akhir-akhir ini saya memang kurang aktif ngeblog, saya merasa. Seminggu belakangan ini saya pulang kampung, ada nikahan dua orang sepupu saya, jadi ga sempat ngeblog selama di kampung. Ada bawa laptop, tapi buat kerjain proyek dikit, ga sempat buka blog:(. Sedikit cerita, kalau dari banda aceh ke kampung saya kita harus menempuh perjalanan satu hari.

Sebenarnya ada banyak hal menarik di kampung saya yang terletak di Aceh Barat Daya dan beribu kota Blangpidie itu. Kali ini saya mau cerita sedikit tentang kulinernya, selama ngblog belum pernah saya bahas tentang kuliner, oke lah kali ini saya coba deskripsikan tentang makanan, meski ga sejago kak Mutia atau Mas Gaphe.
Ada tiga macam makanan yang menurut saya unik, yaitu
Bongkol
,
Apom Gabuih
, dan
Mie Putih
. Kita bahas satu-satu ya.

Bongkol
Ini makanan khas daerah, soalnya saya belum pernah nemu makanan ini di daerah lain di wilayah Aceh. Bongkol ini dijual pagi-pagi banget. Jam 7 udah ludes terjual semua. Jadi, kalau kita telat satu menit aja belinya, pasti cuma lap ences aja karena tuh makanan udah abis diserbu orang. Kalau pingin nyoba Bongkol emang harus rela bangun pagi dan ini memang enaknya di makan pagi-pagi. Kalau pulang kampung saya sering banget kehabisan bongkol ini. Makanan langka yang paling dicari di pagi buta.
Saya sih kurang ngerti juga tentang bahan makanan ya, kata mama saya bongkol ini terbuat dari tepung beras, dikasih daun pandan biar jadi warna hijau, terus di rebus dengan santan. Rasanya ada manis, ada hambar, ada gurih. Enaklah pokoknya. Teksturnya kaya pudding jadi cocok banget buat orang tua yang udah susah mencerna makanan. Oia, dulu almarhum kakek sering banget beli bongkol, makanya saya jadi ketularan suka.

Apom Gabuih
Dikampung saya, bahasa daerahnya mirip-mirip sama bahasa Padang. Jadi Apom Gabuih itu sebenarnya bahasa daerah, kalau diartiin bahasa Indonesia Raya Merdekanya Apem Gabus. Apem itu semacam serabi. Nah, bedanya kalau serabi kan baiasanya bulat gepeng, kalau ini bulat tapi ga gepeng. Terus ada potongan pepaya didalamya. Makannya pake kelapa yang udah dicampurin sama garam. Teksturnya sama kayak serabi, Cuma apom gabuih ini rasanya agak sedikit hambar, karena sudah ada kelapa sebagai pelengkapnya. Ada rasa manisnya juga bawaan dari papaya. Waktu kecil saya ga suka kue ini, tapi semenjak SMP saya mulai nagih. Oia, nenek saya salah satu pembuat kue apom gabuih terkenal di kampung. Dulu, waktu nenek masih kuat bikin kue banyak banget yang order tiap pagi. Sama kaya bongkol, kue ini beredarnya jam 7 pagi kebawah. Kalau udah jam 7 keatas ga usah ditanya lagi. Ludes.
Sedikit story tentangkue ini, mungkin ada yang udah pernah baca postingan saya terdahulu tentang Cerita Ayah dan Nenek. Nenek saya sudah janda sejak lama, karena kakek sudah lebih dahulu meninggal sementara anak nenek masih kecil-kecil (termasuk ayah saya). Nah, dengan berjualan kue apom gabuih inilah nenek menyekolahkan anaknya yang 13 orang itu (orang jaman dulu anaknya banyak) termasuk ayah saya. Jadi, ayah bisa seperti sekarang tidak lepas dari cerita kue apom gabuih ini. Makanya dulu saya penasaran kaya apa rasa apom gabuih ini. Kalau dilihat dari tampilan luarnya sih ga menarik. Karena kuenya cuma warna putih biasa dan dibungkus daun pisang. Tapi, berkat kue itulah ayah saya bisa survive hidup dan melanjutkan pendidikannya sampai menjadi seperti saat ini.
Setidaknya, kue apom gabuih ini punya bagian juga dari perjalanan hidup saya di bumi ini.
Buat teman-teman yang mampir ke kampung saya, boleh dicoba kuenya. Rasanya enak, ada manis, asin, gurih dan cara makannya juga bukan kaya kue biasa, harus di cocol dulu ke dalam kelapa biar lebih nikmat, sama cara makannya seperti makan rujak cocol.

Mie Putih
Mie putih ini sebenarnya mie tiaw. Kalau biasanya mie tiaw itu digoreng, nah kalau ini di rebus gitu aja dan ditambahi bumbu-bumbu daging dan bawang goreng serta kuah kaldu. Ini mie favorit saya. Di Banda Aceh tidak ada mie seperti ini. Saya sudah cari kemana-mana, tapi gak ada, yang adanya mie tiaw goreng. Gak tau deh kalau di daerah lain.
Nah, kalau bongkol dan apom gabuih tadi adanya jam 7 kebawah, beda dengan mie putih ini. Kalau mie ini baru ada jam 7 keatas. Jadi kalau kita perginya kepagian, mienya belum tersedia. Biasanya baru tersedia sekitar jam 9 gitu. Kalau mau sarapan pake mie putih ya harus rela tunggu sampai lewat jam 7 pagi deh. Mie ini teksturnya kenyal, rasanya ya jelas enak lah. Kuahnya sedikit aja, cuma sebagai pembasah mie, makin enak kalau makin banyak bawang goreng dan daging cincangnya *lap ences.



Itulah tiga makanan unik yang sampai saat ini belum saya temukan di daerah lain, hanya ada di kampung saya. Sok, ayo ke kampung saya,hehhe…
Oia, berhubung udah posting tentang makanan, dan ada poto saya dengan makanan, jadi saya ikutan giveawaynya mas gaphe ah,hehhe...rada aneh sebenarnya karena saya make makanan local, makanan kampung, makanan wong ndeso, lah, yang lain kan pada poto sama makanan yang keren-keren kaya cake-cake mahal, segala macam brownis, roti, dll, eh, saya malah kue ndeso,hhehehhe… Soalnya saya jarang banget makan kue-kue mahal begitu *kesian amat lu nop. Hehhee…:D
Tapi tak apalah, itung-itung memperkenalkan dan melestarikan makanan tradisonal *ngeles.Hehehhe:D


kalau lagi makan saya suka sekali hap aja, paling ujung-ujungnya keselek.hehhe:D. Pokonya biar bisa merasakan makanan yang yumilah yumiwati deh:P

68 komentar sahabat:

haha.. yumilah yumiwati..
ikutan giveaway juga mbak. aku ngincer coklat doank..

BTW aceh dimananya?

 

Hmm. tertarik sama mie putih :D

 

wah,,,,thu bungkusnya mau dilahap juga ya?????

 

wahaha.. lucuu lucuu fotonyaa.. aih, jangan sama daunnya dimakan donk Nop!!..

hmm soal ketiga makanan itu, saya belom pernah nyobain satupun. aiih.. pengen deh kalo kapan-kapan saya ke Aceh, buat nyicipin itu makanan.. *paling pengen sama apemnya*

sip, sudah tercatat di note saya sebagai peserta yak!

 

@geafry: hehhe..iya nih. saya tinggal di Banda Aceh, tapi kalau kampung halaman di Aceh Barat Daya

 

iam: pingin nyoba???ayo ke kampung saya,hehhe

 

aina: rencananya sih begitu.hehhe:D

 

enak kayaknya tu... makanan alien yah... hehehe

 

justru makanan daerah itu yg yahudd..rasanya unik2 dan khas..

*wadoo..mo ikutan giveaway itu jg tp blm nemu poto gara2 hd ku rusak..hiks mudah2an msh sempet

 

Gede begitu bisa masuk juga..hihihih

 

gue tau prinsip yummilah yummiwati itu dari gaphe lho. wah, ternyata sudah menyebar kemana-mana ya. gahhahahaa, gudddd.

lah, mang kerjaan sekarang kenapa, va?

 

waaah ceritanya menarik, terutama apem gabuih itu.

siapa bilang kue tradisional kalah enak sama kue-kue yang keren itu... kue-kue tradisional banyak yang bikin lap ences kok..

moga kamu menang yah

 

meski ga jago tapi tetep bikin laper.. :-S

 

wah gaphe giveaway ya.... moga sukses mbak nova..... salam hangat Berger(jember blogger)

 

jahatnyaaa....!
bales dendam y va, gara2 kmrn aku posting mkanan jdi sekarang kamu gantian ngilerin aku.hikkkkssss....pengen iciiiiipppppp.!

 

aku br dengar ttg makanan yg kamu sebutkan nov, padahal kakekku jg asli aceh... taunya cuma pisang sale wkwkwk :D
maknyussss mantab bgt nov, beneran yg liat jd lap ences juga wkwkwkwk

 

Assalamu'alaikum Mbak,
wah ternyata di sana patokan keberadaan jajanan jam 7 pagi ya hhhh
kayaknya nikmat banget tuh, Yu Jumi eh yumilah ..
moga dapet coklat dari Bozz Gaphe

 

hmm..
saya jadi keingat kue tradisional di tanjungpinang juga.. :D
Yang bongkol itu saya kurang yakin mirip apa namanya, tapi saya pernah makan yang seperti itu juga disini.. Haduh.. makan ga tau nama susah jg.. =="
Kalo apom gabuih, itu udah jadi kesukaan saya dr semenjak pindah rumah ke yg skarang, wktu itu mama2 sya nyobain beli.. ternyata anak2nya pada suka. Sya rasa mirip kok dengan itu hanya saja, mungkin tdak ada pepayanya dan kue apemnya lebih bewarna, ada pink,hijo, dan putih.. saya pling suka klo dah kena klapanya.. xD
Kalo mie putih, dgn bhan bumbu yg sma sebagai makanan tradisional sih nggak ada, sya rasa. Tapi yang jual mie tiaw kuah banyak disini, secara komunitas tiong hoa dsini berlimpah.. ^^
Unik jg postingan tentang kue tradisional.. :D
pengen nyoba deh lain kali..

Btw, nenek kita sma kak..
Nenek sya jg dulu jualan kue utk menghidupi bpak sya beserta 6 sodaranya.. Sayangnya sya belom pernah ngerasain gmn enaknya kue tradisional buatan nenek saya itu.. cuman bsa ngbayangin smbil ngences aja klo bpak sya cerita.. hahax ^^

 

Ah, aku cuman posting soal kurma buat Gaphe Giveaway. Makanannya enak banget kayaknya ya.

 

kpan ya aku pulkam perti mbak....:)

 

Nama makanannya aneh... Jd penasaran saya sama si BONGKOL d pagi hari ithu kyk apa sech rasanya...... jiehheheheee......

 

mie putihnya enak kayanya yaaa *,*

 

mas gaphe: rencana mau bareng sama daunnya mas dimakan, kesian kalo dibuang,hehhe:D
ayo ayo ke Aceh, ada yang lebih enak dari itu lho makanannya.nanti tak posting deh biar pada ngiler.hehhehe

makasih mas dah dicatat:P

 

pri cimbun: iya, enak banget. mau??? iya nih, alien keren:D

 

dv: setuju banget mbak. ayo ikut meramaikan mbak:)

 

sarah: hehhehe:D

reborn: iya, udah nyebar kemana2 emnag. udah nyampe aceh lho.:D
saya belum ada kerjaan yg tetap sekarang,:D

huda: wew, bener tu da. sebenarnya ini cuma kebetuan aja,pas ada poto saya lagi makan juga, ya sud di ikutkan aja deh.

 

tukang colong: saya masih harus banyak belajar dari senior ni:D

rezkaocta: hahhaha...1 sama kita neng:D

zasachi: pisang saleh???enak juga tu:P

 

djangan pakies: waalaikumussalam. ayo dicoba, tapi harus ke kampung saya dulu deh,hehhe...wah, sayangnya saya wanita pak, jadi kemungkinan kalau menangpun ga akan dapat coklat tuh, dapatnya pasmina. kalau menang sih,heheh:D

 

hamadzi: wah, kita samaan yah:D

ami: kurma juga mantap loh mbak.makanan yang sehat dan banyak manfaat. mau icip mbak???

latifatul ali: suatu saat, insyaAllah:)

MR TM: iya, bagi saya juga aneh,hehhe...orang yang dipoto tu aneh juga gak????hahha

 

:) : enak donk mbak ata. ayo di icip mbak:)

 

bongkol di plembang juga ada tapi bungkusnya pake daun pandan :) btw ak masih ngeblog cuma skrg lagi sok sibuk dgn gawean so waktu khusus tuk nulis jd berkurang hehe

 

mie putih itu kayak mie aceh bukan?? gw pernah mie aceh. dan rasanya YUMILAH YUMIWATI. Hahahaaha.......

btw emang sering banget lohhh masakan lokal rasanya yumilah yumiwati.... saya juga reviewin roti bakar malah .... heehehe

 

wah,ampe nelan liur Gue,hehe.salam kenal,kalau ada waktu kunjungi blog ane ya

 

Lagi gigit apa toh mbak.?

 

aulawi: eh, ada juga???jam 7 juga habisnya ga?oohh...lagi sibuk nih,hehhee

 

noel: bukan noel. ini beda banget. kalau mie aceh itu digoreng, lha ini direbus:)

 

i-one: hahha...monggo ditelan dulu:P. siiip:)

 

situs online:ituh...kue...:D

 

Oalah..., demi si Gaphe sampai bela2in nelan makanan segedhe itu ya..? hehehe

 

Aku juga ikutan pokoknya... demi yumilah yumiwati hehehe

 

Seru juga fotonya Kak... Shasa juga ikutan nih. Selamat berkompetisi :D

 

Shasa belum pernah makan makanan Aceh, jadi pengen nyobain.

 

ini namanya nova apa yummilah apa yummiwati sih? :p

hati-hati atuh bu klo makan,itu daon jangan ditelen. gw gak minta kok, cuma minta dikirimin aja..hehehe

 

pingin mi putihnya..mana belon makan malam lagi *cacing saya mulai demo minta mie putih ni..tanggung jawab nop :D

 

catatan kecilku: hahha..bukan demi mas gaphe mbak, tapi emang saya suka maknnya begitu.hehhe:D

 

the other: iya mbak. saya ikut meramaikan aja nih,hehhee

 

kak!! kak!!! adek juga orang asli aceh barat daya lho! susoh, daerah padang tiji. wehee

salam kenalll

 

jejak langkahku: seru ato serem sha???hehhe

place to study: kalo mie aceh pernah nyobain ga???biasanya banyak tuh yg buka warung mie aceh di luar aceh:)

 

adi chimenk: nova yumilah yumiwati.hahhaha...

ruzana: yok zen, kapan2 maen ke kampung kami

 

rizki: kyaaaaaaaaaaaaaa....nemu orang sekampung nih ceritanya...kakak di susoh juga dek...samaan kita yak...:D

 

kalo ngomongin kuliner aceh saya paling suka sama Mie Aceh #halah ga nyambung...

menanggapi nenek nya nova yg punya 13 orang anak masih kalah tuh sama salah satu warga di kampung emak saya yang punya 17 orang anak itu belum dicatet 3 orang yg meninggal,beneran lho... ^^

 

Assalamualaikum sis...

hmm... bongkol.. dah lama ga ketemu... jadi pingin nih... hehehe

 

klo soal makanan, masakan Indonesia emang yang terbaik. Keragaman makanan tradisional daerahnya bener-bener mantabh!

makasih udah berbagi :)

 

eh adek salah tulis kak, adek di padang hilirnya wahahahah

 

selalu buka blog ini pas belum makan dan langsung baca topik yang beginian. laper..:(

 

zan insurgent: mie aceh emang yg paling terkenal, soalnya banyk cabang dimana2:)
wew, masih lebih banyak itu ya rupanya.hahhaha

 

nyayu: waalaikumussalam mbak:). wah, mbak juga pernah icip toh.antap kan mbak rasanya?hehhe

 

ash: setuju...:)

rizkimufty: di padang hiir atau palak hilir dek???

Tukang colong: yok, makan sama2.hehhe:p

aul: apanya yg keren? orangnya ya??hahhaha:D

 

hari ini pengumuman pemenangnya, adiknya gaphe jadi juri, semoga menang

 

gimana nyicipnya? masa ke sana dulu kan jauh ._.

 

daunya jgn dimakan......... ntar klo menang hadiahnya bagi dua ya hihihihi :)

 

saya juga jadi kepingin icip-icip masakan daerah, termasuk masakan aceh. itung2 melestarikan kuliner nusantara.

oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Nurul Safika

silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
terima kasih.

 

r10: iya, selamat buat yg menang ya:)

mbak ata: kapan2 ke Aceh mbak:)

yanthee: hahha...ga menang tapi:D

 

lap ences beneran liyatnya... :p~

 

ilafat: makasih:D

rabest: hahhaa:P

 

Posting Komentar