- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Makin Hot Aja ni

Tau pemanasan global kan?

Hahaha…sorry boi, saya gak sedang mau ceramah kuliahan tentang pemanasan global, saya tau itu bikin yang baca mau muntah seember kan? Hehhe…

Yakin banget kalau semua udah pada tau pemanasan global, termasuk saya *tumben si nova tau!
Belakangan ini saya banyak menemukan hal-hal unik dalam rangka menyelamatkan bumi ini dari pemanasan global.

1. Saya beli nasi gurih di warung dekat jembatan layang. Cuma warung ini yang bukanya cepat banget. Jam setengah 6 pagi udah siap untuk jualan. Warungnya baru, jadi pembelinya masih belum ramai. Yang uniknya, kalau biasanyakan dimana-mana pembungkus nasi gurihnya itu pakai kertas pembungkus, kalau di warung ini beda. Cuma pakai daun pisang. Pokonya semua yang dibeli di warung itu bungkusnya pakai daun pisang. Mantaaaapppp!

2. Di dekat kampus saya kuliah (gak deket-deket banget sih sebenarnya) ada satu toko yang jual alat-alat tulis dan fotocopy gitu. Nah, di toko itu ditulis begini: bagi yang belanja disini, mohon plastiknya jangan dibuang, silahkan tukarkan kembali kepada kami, setiap penukaran 1 ons dapat hadiah menarik. Nah, ini ternyata salah satu usaha pemilik toko untuk mengurangi sampah plastik yang ngurainya susah naudzubillah, butuh waktu berabad-abad deh kalo ga salah (*elu cacing pengurainya ya nov? tau banget kayanya:P hehhehe…)

3. Ternyata usaha untuk mengurangi sampah plastik juga merembes ke department store kayak Suzuya Banda Aceh. Dulu saya pernah baca iklannya di Koran begini: tukarkan 10 buah kantong plastik suzuya dengan hadiah menarik. Nah, ini namanya simbiosis mutualisme kan? Si konsumennya untung dapat hadiah, si Suzuyanya juga untung ga perlu repot-repot cetak plastik banyak-banyak.hehhe…
*Kalau saya mah, ga pernah nyampe 10, wong belanja di Suzuya aja jarang,hehhe…

4. Seorang teman saya bisa marah besar lihat ada charger baterai HP atau laptop yang dibiarkan tercolok tanpa HP atau laptopnya. Itu salah satu cara membuat bumi ini makin hot bro!

5. Ayah saya juga sewot kalau lampu kamar nyala terus menerus tanpa lelah padahal penghuni kamarnya lagi boker di WC.hehhe….

6. Ibu saya juga ngerape gak jelas kalau TV dibiarkan meronta-ronta hidup sendiri tanpa penonton.

7. Katanya daging itu bisa mendukung pemanasan global, jadi kayanya yang vegetarian banyak banget deh pahalanya, karena bisa nyelamatin bumi ini (*liat daging ayam: lap ences). Vegetarian itu masih jauh lebih realistik daripada ganti mobil SUV dengan mobil hybrid kan?

8. Ini hoby adik bungsu saya dulunya, kalau siap makan buah-buahan yang ada bijinya, bijinya itu buang ditanah (*yaiyalah nov, masak buang di Eropa, bisa ga pulang2 dia kesasar disana), mana tau ada yang tumbuh dan jadi pohon:)

9. Ini kebiasaan mahasiswa: nebeng.hhehe… Ternyata nebeng itu ada baiknya juga lho. Paling gak ngurangi polusi, dan itu artinya kita telah berpartisipasi buat nyelamatin bumi ini *ngeles.

10. Saya punya adik leting yang kreatif banget. Dia bisa buat daun-daun kering atau biji-bijian atau sampah – sampah lainnya jadi benda yang bermanfaat dan unik misalnya: sampul buku, tempat tisu, tempat pulpen, bros, pita, dll. Nah, ini juga salah satu upaya menyelamatkan lingkungan hidup.

Oke, sekarang tinggal kita pilih yang mana. Kemonlah boi,..paling gak ada sedikit hal yang bisa kita buat untuk meyelamatkan bumi ini. Bukankah bumi ini aset berharga buat anak cucu kita? Dibantu bantu ya…dibantu bantu ya….yayaya…simsalabim bumi ini jadi hijau.prok prok prok…:D

Berikut Hari-hari Lingkungan Hidup:
22 Maret Hari Internasional Air
22 April Hari Bumi
22 Mei Hati Internasional Keragaman Hayati
5 Juni Hari Lingkungan Hidup
17 Juni Hari Internasional Melawan Desertifikasi
16 September Hari Perlindungan Lapisan Ozon

65 komentar sahabat:

yups Nov, Hari gini emang harus lebih mikirin lingkungan, oke banget deh yang udah mulai sadar lingkungan, ya minimal dengan informasi global warming kayagini, dan kaya postingan nova ini juga... :))

 

@nadia: iya ni, tulisan ini juga ada karena belaknagn ini ngerasa makin hot aja ni udara.hehhe...makasih ya:D

 

nice post nov..
kalo aq apa ya..., hmm aku pernah bbrp kali menolak kalo belanja diberi kantong plastik.
"gak usah pake kantong, saya simpan ditas aja..."
ciee...
tp pas kejadian, kasirnya emang jd bego gitu ngeliat penolakanku.

 

ngakak baca yang poin sembilan. hahahha gue banget.

nebeng itu memang bukan nasib, tapi pilihan. Pilihan untuk mengurangi efek pemanasan global *ngeles..

 

klo gt saia akan lebih sering nebeng biar ngurangin polusi..hahaha *tambah ngeles aja padahal tiap hari jg nebeng transjakarta :D

 

Keren bangeet dech...

Terkadang sebagian kita suka menyepelekan hal2 kecil sperti sampah plastik yg d buang sembarangan tempat, padahalkan itu sangat berdampak buruk bagi lingkuangan.

Aku setuju banget dengan semua opsi d atas, ap lg dengan yg namanya bungkuz pake daun pisang...

Hiduuup daun piasaaaang.....!!!

JIheheheheheeee......

 

yup kapan lagi kita menyelamatkan bumi kita... hmmmm... generasi yang peduli bumi rrupanya...

 

kayaknya saya perlu banyak belajar tentang penyelamatan bumi nih karena banyak kebiasaan di rumah yang perlu diperbaiki

 

setuju sama cara nomer 9..hehehe, dan kayanya ga mahasiswa aja deh :D

 

9. Ini kebiasaan mahasiswa: nebeng.hhehe… Ternyata nebeng itu ada baiknya juga lho. Paling gak ngurangi polusi, dan itu artinya kita telah berpartisipasi buat nyelamatin bumi ini *ngeles.

ini mah yang paling sering aku lakukan
berarti aku sudah mendukung ya hahhaha

bener banget kalau tidak kita mulai dari sekarang mau kapan lagi
kita ga usah meeremahkan usaha kecil cz dari usaha kecil kita pasti akan membantu
kecil- lama juga jadi besar
dan bumi kita terselamatkan olehh itu

postingannya keren nov
interesting

salam kenal ya
sekalian aku follow

 

wow wow wow... klo pake daun pisang juga bukannya itu global warming yah? secara daun pisang di ambil2in terus2an.. tar abis deh.. TK sih lebih prefer kemana2 bawa ompreng (tempat makan) sendiri.. jadi ga sah pake kertas, plastik, or daun pisang...

kalau dulu waktu TK tinggal di China... disana itu plastiknya gampang di urai loh! cuz tipis banget... dan klo belanja di supermarket.. klo mu pake kantong pelastik harus bayar... jadi kebanyakan orang udah bawa tas masing2 klo mu belanja... karena males beli kantong plastik...

heheheh... TK juga mendukung STOP GLOBAL WARMING!! ayo buat bumi kita hijau sehijau PANDORA (baca. AVATAR) hahahahah

 

Bener bgt.., sayang bgt bumi yg indah ini jd ga brsahabat lagi ma manusianya...,

stop global warming...,

 

haha,, saya melakukan beberapa di antaranya mbak..

paling ga tahan liat lampu dinyalain nganggur..
ditinggal bentar langsung saya matiin,,
kadang-kadang temen saya geleng2 kepala..

dan saya selalu buang sampah yang mudah di urai langsung ke tanah..biar tanahnya gembur, dan
di belakang kontrakan saya numbuh pohon tomat, ^^

nice info, anyway..

 

@zasachi: wah, mantap tu. memang kadang memulai sesuatu yang baik itu agak kaku dulu:D

@Huda: wah, da, kamu lebih mantap ngelesnya. HIDUP NEBENG!!!! Hahhahaha

 

saya pernah datang ke Green Festival utk penyelamatan bumi dari pemanasan global. memang salah satunya dengan mengurangi sampah plastik tuh.

lagian kalo bungkus nasi pake daun pisang, rasanya jg lebih enak dari yg dibungkus kertas.

 

@mbak dv:semangat nebeng terus mbak:D

@MR TM: terimaksih. Hidup daun pisang! jadi ingat lagu Memori daun pisang...*dangdut mode on,ahhaha

 

@mbak dv:semangat nebeng terus mbak:D

@MR TM: terimaksih. Hidup daun pisang! jadi ingat lagu Memori daun pisang...*dangdut mode on,ahhaha

 

@Noel: yup.setuju noel. yaiyalah, secara saya kan tinggal di bumi bukan di Mars:P

@djangan pakies: kalau udah ada niat mah lanjutkan bos...:)

 

nice post nova... link utk ane di + ya nov
url http://sepak-bola-news.blogspot.com/, tks

 

@Mas Todi: hehhe...orang kantoran juga hobi beginian ya:D

@Pondok daud: makasih...

 

@TK: Bawa tempat sendiri bagus tuh, masalah daun pisang, seenggaknya kan daun pisang lebih baik daripada kertas pembungkus:D

@edo:setuju:)

 

@vanilaeru: mantap:)

@kak mutia: hidup daun pisang!!!!:P

 

*langsung buru-buru gebrak-gebruk nyabutin charger laptop yang dibiarin gitu aja, owh..my dedek

 

@Tukang colong: ayo mulai dari diri sendiri, saat ini, dan dari hal2 kecil:D

@soccer:makasih kunjungannya.oke, segera saya laksanakan,tapi gak sekarang ya, internet saya lagi oon ni...parah. koneksinya pait:(

 

@Ai: mantap ai. jangan sampe kawan kakak ngamuk liat ai.hehhehe

 

kereen kereen.. dari hal yang kecil aja bsa ngebantu ngurangi pemanasan global. senada dengan postingan baru saya Nov. heheheh

ibu saya juga marah2 kalo tv nyala terus

dan hape sekarang, kalo chargernya dicopot dari hape, biasanya ada peringatan : Tolong dicopot juga chargernya dari colokan.

sorri lagi mampir sini, soalnya jaringannya lagi nggak support

 

begitu baca yg nomor 1, saya langsung laper berat nih! (maklum tadi dari rumah belom sarapan!)

 

Salut banget dg mereka2 yg sudah mulai peduli thd kelestarian lingkungan.

 

cuaca di tempat chika juga makin gx tentu aja >.<
oh ya chika ngadain give away nih^^
ikutan yuk
http://simple-rei.blogspot.com/2011/02/chika-reis-give-away.html

 

kalo poin hemat energi sdh bisa dilakukan di rmh, tapi utk poin yg lainnya...hehhe, sementara blm, btw nice info, moga2 makin bnyk lagi yg sadar akan keselamatan bumi kita....okay, so keep the spirit n smile...!

 

mampir mbk nova. baca2 archivenya. sama mo sekalian konfirm tukeran link.saat ini link saya pasang disidebar blog saya di link sahabat. mampir ya.saya tunggu konfirmnya.salam dari saya

Aryes Novianto
Owner BLOG MEDIA

 

@ setuju dengan ide tulisannya kecuali masalah vegetarian. Saya tidak akan mengharamkan yang dihalalkan ajaran agama. Met kenal, ijin follow ya...

 

bunda ku juga sering koar koar kalau aq lagi nonton tv d kamar possi pintu kamar aq kunci tv lupa aq matikan karena ketiduran akhirnya TV aq dibiarkan meronta-ronta hidup sendiri tanpa penonton. paginya bunda l;angsung deh koar2

 

@mas gaphe: ibu kita samaan.hehhe...wew, ada ya mas hp begitu.mantap deh:D

@mbak popi: silahkan telepon pemadam kelaparan mbak:P

 

@mbak Reni: saya juga mbak:)

@Tukang colong: lanjutkan bos!

@Chika: sama ni.kadang panas banget, eh tiba2 turun hujan:(
oh, pingin ikutan deh.oke, entar saya coba deh chika:D

@tiwi: memang mulainya dari yg deket2 dulu mbak, kaya rumah sendiri entar baru ditularin ke orang lain.gpp.perlahan2 tapi pasti:)

@Aryes: terimaksih kunjungannya. ok.nanti akan saya pasang juga.sekarang internet saya lagi lemot.sorry yah:(

@ami: saya juga bukan vegetarian kok mbak.kalo ada ayam goreng didepan mata pasti juga saya embat.hehhe..cuma sekarang mulai kurangi sedikit2, supaya bumi kita lebih terjaga:)

@Rizky: kayanya semua emak2 kaya gitu deh,hehhehe:P

 

mantep tu post na
ane suka..........

 

just want to greet you! and you hv a nice blog.
mind to follow me? i'll follow u back then^^
http://pramuditapuspitatemi.blogspot.com/

 

Wah, keren nih.
Kalo do penyewaan film deket rumah sih kasih bonus kalo penyewa ga minta kantong plastik :)

 

bike to work,

asik tuh!

coba deh.

 

Ok lah....
go green....

Mantabs...

 

Goooo nova!!! mantaf bener nih postingnya dik,, walau point yg aku lakukan masih bisa diitung jari, hahahaha

memang sudah semestinya kita sadar ttg bahaya global worming, coba aja kita lihat,, klo aku masih SD dulu inget bener deh, klo dalam setahun itu ada 2 musim, yg pertama musim panas (januari-agustus), dan musin hujan (oktober-desember),,

nah sekarang... coba kita lihat, hukum alam itu ga berlaku lagi,, kenapa?? ya kita tanya galileo,, hehehe

 

Memang pendekatan untuk mengurangi pemanasan global ini bermacam-macam dan unik,,

Kalau di Malaysia waktu belanja dimall pembungkus plastiknya harus beli terpisah, kalau gak mau beli ya belanjaannya ditenteng satu-satu .. :D

 

ada award buat kamu..., bekicot...,

 

Bagus nih.... dari hal2 yang dianggap sepele ternyata jika kita peduli soal itu, maka kita telah sangat membantu mengurangi masalah pemanasan global
Makasih untuk peringatannya kawan

 

@phone: thank you ya:)

@pramudita: thanks, ok, i will follow soon:)

@Felicia: kalau saya maunya tiap hari dikasih bonus,hehhe:P *LOL

@Hilmy: bike to campus juga seru:)

@Teras Info: ikut berpartisipasi juga kan???hhehhe

@Mbak Nyayu: makasih mbak. waduh, ga tau cari galilleo kemana nih:D

@Dwi: Indonesia kapan yah begitu???

@Edo: Makasih..hahha..cekidot gak???

@Serba Ter: makasih juga sudah berkunjung. Sama2:D

 

dunia emang makin hot...tiap hari musti peras beadan utk mnengeluarkan banyak panas melalui keringat...


hanya pembatasan prosduksi AC dan segala sumber polusi yg bisa mengatasinya...tp itu berati kemabli ke zaman batu

 

nice nice nice ...
swalayan2 dan minimarket sekarang juga udah pake plastik yang bisa terurai cepat (+/- 2 tahun)

 

Makin banyak orang yg sadar kaya mereka kayanya BUmi makin sehat tuh hhe.... klo gitu aku mau deh nukerin Plastik haha... :P

Semangat :P

 

@sky: iya, tapi ga mesti kembali ke zaman batu juga, kan penggunaan AC bisa dikurangi, minimal kalau bisa pakai AC alam lebih baik:D

@Ado`s music: thanks:D.tapi lama juga tu ya nunggu2 2 tahun..hehhe

@ferdinand: bagus bagus.semnagat!

 

langsung matiin lampu kamar begitu baca ini. ehe.. kadang2 suka khilaf kak. ;pp

 

buru2 matiin lampu kamar begitu baca ini ;D

 

@melyn: hahha...dimaafkan.hhehe

@kak mutia: ok kak.langsung cek TKP. tp digotong dulu yah...hhehe

@obat alami: apanya yg gak ada matinya???:D

 

ayoooo semangat! heheheee saya juga bakal ikut acara hari air sedunia ;p jangan pernah putus mengkampanyekan budaya hidup sehat dan hijau ya.

 

masa sih yang nomer 7 benar? memang apa alasan orang yg makan daging menyebabkan pemanasan global? :D

 

bumi makin panas, kemarin cuaca daerah Ciputat (perbatasan jakarta) panas sekali, saat mau ambil air wudhu, airnya terasa sekali panasnya

*sepertinya saya sudah pernah komen waktu posting ini masih sedikit komentarnya, kok ga ada yah -_-

 

Salam

Bagus kawan, dengan memulai dari hal kecil bisa berdampak besar. Terus dapet info tentang hari hari lingkungan hidup juga.

Salam kawan

 

assalamualaikum
alhamdulillah saya sempat berkunjung ke blog ini lagi
setelah membalas komentar Anda di blog kangmusa tentunya
dan selalu saja posting yang Anda sajikan sangat menarik dan inspiratif
seperti mengajak untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ke depan
semoga saya bisa mengambil pelajaran berharga dari posting-posting Anda
jangan lupa untuk berkunjung balik ke http://www.kangmusa.com
salam hangat
kangmusa

 

Novaaaaaaaaaaaaaa.... keren bangettt deh postingannya yg iniiii *two thumbs up* makin kreatif nih Nov ;)

btw, koq Nova kyk ngilang?? kmana Nov?? *kangeenn*

 

Ulasan yg luar biasa,

global warming mmg ndk bs kita rem, dah mulai kronis soalnya, tp ttp kt bs berkontribusi smampu kita misalnya jgn pake AC di rumah, ganti dgn model ventilasi yg banyak agar udara banyak masuk ke dalam,,,..

ide daun pisang juga mantap...and so on

 

betul tuh betul..hayook mulai dari yang kecil2.. kalo di rumahku yang paling cerewet tentang usaha mengurangi global warming pasti si abi.. :)

tapi kayaknya aku pendukung berat temenmu yang suka marah-marah liat charger nemplok di colokan tapi gak ada yang diisi...hehehe
temen2ku biasanya pada marah tuh kalo diingetin.. hiks.. :'(

 

wah kalo baca efek yang terjadi akaibat pemanasn global bisa-2 bikin ngak mau tidur
lantaran ketakutan...
kunjungi jg bahan bacaan saya :
jurnal ekonomi andalas

 

Posting Komentar