- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Jejak Rindu Dyslexia

Rasanya saya ingin merunut kejadian semalam secara detil. Tentang apa yang saya rasakan.
Film dyslexia. Udah pernah nonton? Saya baru menjamahnya semalam dengan buliran bening yang tak kunjung hilang selama nyaris 1,5 jam. Anda tau bagaimana mata saya keesokannya? *Yup, benar!

Bahwa setiap anak memilki keistimewaannya masing-masing.

Ah, saya jadi ingat dengan murid-murid kecil saya di bimbingan belajar. Mereka selalu punya ruh untuk mengisi kehidupan hati. Tentang Zhafran yang diidolakan banyak wanita meski baru kelas 1 SD. Pantas saja kalau dia cenderung mengatur, dia pintar dalam segala pelajaran, tampan pula. Banyak sekali yang ingin berteman dengannya. Tapi, jangan pernah jadikan dia dalam posisi kalah, dia akan jatuh. Bagitulah anak-anak, ada sisi lebih kurangnya.

Berbeda jauh dengan Rayyan, pembawaannya cenderung diam dengan gaya yang sangat biasa. Keheningannnya membuat teman-temannya menjauh darinya. Nilai pelajarannyapun biasa saja, tapi punya daya imajinasi yang tinggi. Dia mampu membuat sesuatu seperti yang ada dalam pikirannya. Kertas kosong sekejap berubah menjadi topeng-topeng unik yang lengkap dengan senjata-senjata perang. Kalau dalam permainan dia kalah? It is OK.

Sebagian orang menganggap kertas kosong rayyan adalah sisi perampasan dan kesia-siaan. Bahwa kertas kosong seharusnya ditulis dengan huruf atau angka bukan malah menjelma menjadi topeng.
Kebebasan mereka dihadang. Daya imajinasi mereka dirantai.
Biarkan jiwa dan fikiran mereka merayap sebebasnya. Disitulah puncak kebahagiaan seorang manusia. Selama masih ada kita, biarkan mereka kreatif dengan dunianya. Tidak selamanya buku tulis itu harus diisi dengan huruf dan angka. Biarkan sesekali menjelma menjadi lukisan abstrak atau benda-benda aneh. Dia akan merasa luar biasa.

Setiap anak tergantung bagaimana lingkungan mendidiknya, jika baik, maka baiklah dia. Melindunginya adalah siap menerima segala kondisinya. “Jika kamu kalah, jatuh, tertekan datanglah padaku”. Maka mereka akan tau bahwa ada yang melindungi mereka.


*merindui murid-murid kecilku disisi sana.
Apa kalian sudah besar?

29 komentar sahabat:

wah..sayang saya belum pernah nonton..mesti dicari nih n dipantengin:) thanx y

 

sama-sama mas Todi. selamat untuk "Bacalah" nya:)

 

wah film apahan tuh!!! TK jadi pengen nonton juga... btw suka deh ma tulisan nova.,,, bahasanya sastra banget... huyuuuhhh~~~ klo TK bisa cekakak cekikikan sendiri nulis pake bahasa sastra...

over all suka smaa postingan ini,... semoga murid2mu sudah dewasa smua... LOL

 

Wah.. saya kira Dyslexia itu nma pnyakit loh kak.. Hehehe..
film toh.. sya blom prnah nonton.. ^^a
kalo ada d youtube nti sya cba cek..

Terkadang bku tlisan sya jga bnyak gmbar2..
dr grafiti2, tulisan2 mndarin, tulisan2 korea, smpe gmbar2 ekspresi yg sya buat..
Ga ada yg bsa djual dgn hrga tinggi..
tp brharga smw utk ku.. sangat berat rasanya membuang buku itu.. sayang.. :')

Kayaknya ada yang udah siap jadi ibu nih..*tuit-tuit
hehehe ^^v

 

seorang anak terlahir sebagai selembar kertas putih.... akan jadi apa? atau akan bagaimana nantinya anak tersebut adalah tanggung jawab kita bersama.

Be Positive thinking!!

Allah menciptakan makhluknya (manusia) sebagai Insan Kamil. Tapi juga harus ingat, tak ada manusia yang luput dari dosa... :)

 

wahhh jadi penasaran filmnya. Musti hunting deh ni.

 

diah juga udh nonton ni film kak :)
sedih :'(
tapi da unsur mendidiknya dan bebas untuk siapa saja menonton :)

 

Hmm..dyslexia. Beberapa org sering menganggap penderita dyslexia apalagi pada anak2 adalah memalukan dan di anggap anak2 bodoh. Pdhal mereka punya kelebihan yg terkadang di luar kemampuan anak seumuran mrk. Bukankah Einstein dulunya juga menderita dyslexia....

Aku pernah nonton nov, tp yg versi India.. :D Awalnya ayahnya menganggap dia bodoh, guru2nya juga. Pada akhirnya mereka menyadari bahwa dia pelukis hebat... ^^

 

Saya nggak tau malah kalo ada film dyslexia.. kayaknya saya mengalami deh.. ngebaca sesuatu huruf sering selip. kata-nya apaa tapi dibaca apa.. sering begitu.. hehehe..

semoga nggak parah2 banget, karena selama ini saya menganggap hanya proses skimming aja..

 

Tomkuu : ini filmnya bagus TK.Recomended deh,hehhehe..Makasih TK. Muridku belum ada yg dewasa, mungkin paling besar SMP:D

 

hamadzi: emang nama penykit.tapi dibuat filmnya.Lanjutkan kreativitasmu nak, hahhaha:D

 

mbak nyayu: setuju:)

mbak manda: mesti nonton mbak:D

 

kamu calon guru yang baik nov! the next Bu Mus... hehehehe..

siapa tahu kan, kalau kamu jadi guru, kelak salah satu muridmu ada yang sehebat Andrea Hirata.. siapa tahu.

bakat-bakat istimewa mereka, tidak akan berkembang tanpa orang istimewa seperti kamu yang mengapresiasi bakat-bakat itu...

ayo, kamu jadi guru aja.

 

salam kenal yah...
http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

 

linknya sudah dipasang...di tunggu yah http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

 

bagus reviewnya, so bagaimana dgn sosokmu apakah termasuk spt Zaphran atau Rayyan hehehe

 

emang tuh anak emang peniru yang handal...
kalo mau ngebentuk anak yang kita mau, tunjukin dulu yang seharusnya ke mereka

 

Diah: seru li kan diah pilemnya..hehhe

zasachi: wah, kamu kayanya lebih paham:)

 

mas gaphe: mas, coba periksa ke dokter deh.hehhehe...mungkin flu
*kok flu sih nov???hehhe

 

huda: hehhehe...makasih makasih:D

fadli: ho oh..segera meluncur ke TKP:D

 

mas Aulawi: ini mah ga ngeriview mas...hehhe...saya? saya mah gurunya zafran dan Rayyan.hehhe

Noel : iya noel.setuju:)

 

Pengen nonton filmnya :))

Wah, suka banget nih caranya diskripsiin sifat anak2 yg emang beda2 :))

 

salam sahabat
baru tahu jejak rindu ini hehehe oh iya ternyata dah saya follow

 

waa..waa..pengen banget jadi guru yang bisa ngebimbing adek2 lucu nan semangat mengetahui hal baru...(apapun itu)sekaligus disayangi oleh mereka..

udah ngrasainnya ya mbak?? :')

 

btw, dyslexia artinya apa ya?

 

Felicia : ayo felicia nonton. bagus lho! heheh:)

 

mbak dhana: iya mbak.salam kenal.makasih kunjungannya:)

Bestari : sok atuh.hayuk jadi guru,hehhe:P
hhmm...dislexia tu semacam ga bisa baca n tulis:D

 

fadli:tenang2,sudah dipasang di sahabat blogger:D

 

Posting Komentar