- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Tragisnya Saya dan Sepenggal Cerita Math Fair

Mathematics Fair (Math Fair) adalah annual ceremony atau acara tahunan terbesar di Jurusan Matematika Universitas Syiah Kuala yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA), tempat saya kuliah dulu. Karena acara besar, jadi paket acara yang ditawarkan juga lumayan banyak dan sangat sangat menguras energi dan menyita banyak waktu. Karena acara tahunan, jadi pasti setiap leting ngerasain jadi panitia inti di acara ini. Waktu jatah leting saya dulu, saya ikut berpartisipasi aktif juga di math fair ini. Entah apa dosa dan salah saya, herannya setiap ada event saya selalu kebagian jatah koordinator acara, dan nasib tragisnya lagi ga hanya itu, pasti ujung-ujungnya nyerempet juga ke bagian pubdok atau publikasi dan dokumentasi. Yah, saya disuruh bikinin design brosur dan spanduk serta name tag panitia, nasib malang saya tidak berehenti disitu, saya juga harus poto-poto setiap acara, secara diantara panitia saya salah satu yang beruntung punya camera digital pribadi*mengenaskan memang nasib saya, makanya, ayo balen saya,hahhah:D:(

Sebenarnya menjadi koordinator acara gak enak*lha, orang ga bisa dimakan mana enak:P , karena acara math fair itu banyak banget paket acaranya dan otomatis saya harus bertanggung jawab disetiap acara, meskipun disetiap paket kegiatannya punya penanggung jawab tersendiri. Contohnya, waktu acara seminar matematika yang merupakan salah satu paket acara math fair ini, salah satu pematerinya ada yang ga bisa hadir, jadi saya dan penanggung jawab acara(sebut saja Ika) pontang panting nyari pemateri lain, telepon sana – sini buat nyari pengganti. Saya juga sibuk nyari-nyari MC buat acara ini, karena setiap pemateri harus di damping oleh MC yang berbeda. Terus ada juga peket acara aneka lomba berupa lomba menggambar dan mewarnai, yang isinya semua anak-anak, mulai dari anak TK sampe SD, acara tinggal 2 hari lagi tapi tiba-tiba tempat untuk ngadain lombanya yang udah kita set sebelumnya ga bisa digunakan, kami nyaris megap megap kehabisan nafas dan saya nyaris anemia di bagian kaki karena darah udah pada naek ke ubun-ubun semua, akhirnya saya bersama penanggung jawab aneka lomba(sebut saja Ruzen) nyari-nyari tempat lain. Alhamdulillah ketemu.
Sebenarnya banyak hal yang bisa dipelajari ketika kita terlibat langsung dalam event ini. Ada suka, ada duka.

Ngomong-ngomong masalah brosur , poster, dan name tag yang saya design tadi Alhamdulillah ga ada yang protes *kalau ada yang protes saya bakal asah golok,hahhaha:D. Sebenarnya saya ga pede juga untuk bikinnya, tapi ya mau gimana lagi. Sayanganya, file design – design saya hilang dimakan si virus, jadi ga ada pertinggalnya sama saya sekarang:(.

Banyak banget yang bisa kita dapat dari berorganisasi, secara ortodidak kita akan dibuat mandiri untuk tekun menguasai sesuatu. Kita harus bisa design segala sesuatunya sendiri,entah itu brosur, pamphlet, reklame, baliho *ini mau buka usaha sablon atau ngadain math fair ya?haha…ataupun sertifikat dan name tag, kan ga mungkin setiap design kita bayar orang mulu bisa berabe di keuangannya. kita juga jadi bisa bikin laporan keuangan, bisa bungkusin parcel dan kado dengan bagus buat pemenang, buat amplop sendiri, bisa public speaking juga, bikin proposal, belajar negosiasi, audiensi, dan belajar menjadi lebih kreatif karena setiap masalah yang ada pasti kita usaha banget buat nyari solusinya, tentunya dengan ongkos seirit-iritnya, namanya juga mahasiswa.hehe:P. Tapi yang lebih penting, hubungan kekerabatannya makin kuat antar sesama teman.

Saya ingat banget dulu pas kuliah, setiap leting yang jadi panitia inti math fair ini pasti IP nya bakal anjlok di semester itu, soalnya pada fokus menyukseskan math fair semua.hehhe…. (beruntungnya IP saya ga ikutan jeblok waktu itu^^). Begitulah dunia kampus, harus ada naik turunnya karena itu yang membuat hidup kita lebih berwarna dan akan terkenang sepanjang masa.

Melalui math fair ini banyak ahli dilahirkan, ada yang karena aktif di kepanitiaan math fair trus jadi ngerti banget sama printer, kalau ngadat, pasti dia udah tau bagian mana yang harus diperbaiki, ada yang jadi ngerti sama masalah listrik, kalau mati lampu tiba-tiba dia udah tau mana yang harus di tekan-tekan dan di tonjok-tonjok*lho???, ada yang jadi ngerti masalah panjat-memanjat secara dia yang manjat buat gantungin poster:P, ada yang jadi makin kuat karena angkat-angkat meja dan kursi, ada yang jadi mahir belanja, pinter banget nawar sampai harga serendah-rendahnya, pokoknya banyak keahlian yang dilahirkan:D.

Sebenarnya saya ga dapat restu sempurna juga dari mama saya untuk ikut organisasi kampus, biasanya kan kuliahnya bakal keteter jadi lulusnya lama. Tapi, Alhamdulillah saya bisa lulus 4 tahun, meski di jurusan saya itu rata-rata mahasiswa lulus 5 tahun lebih, maklumlah, matematika, jadi you know me so well lah*mari joged sm*sh:P.

Sekarang, math fair bakal ada lagi tahun ini, panitianya tentu adik-adik leting saya. Semangat ya buat kalian, semoga sukses dan harus tetap seimbang dengan kuliah=). Oia, tentang kegiatan Math Fair saat ini bisa ngintip di blog adik leting saya, Iznaini Ananda=)

62 komentar sahabat:

Wah semoga sukses acara Math fairnya mbak......

 

^arief: iya, mudah2an tahun ini acaranya sukses:)

 

waaah. acaranya seru pasti.
ayoo semangaat semangaat:)
biar sukses acaranya yaa..

 

nova anak matematika ya? smg acara tahunan math fair kali ini lancar... seru dunk dpt jatah koordinator acara, lha aku dulu always konsumsi :D

 

ngeri euy matematika, hehehe..
dulu waktu kuliah aku ga aktif organisasi nov,secara mikirin tgs kuliahnya aja uda kelimpungan :D *alesan :p*

 

waaah...ntar bisa bikin Event Organizer nh yg lebih luas kan byk pengalaman n serba bisa gitu hehe...

 

aq jadi teringat2 masa math fair dulu nop...
wahahahaaa lucu li...
*ingat sesuatu nop.. ting..ting... hahahaa

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

^andri: makasih ndri. Amin. mudah2an sukses.

 

^zasachi: iya mbak. hehhe...seru seru capek:P

^dv: hehhe..lumayan bikin mabuk mbak:D

 

ada yg kurang kak..
ada yg jadi mahir dalam melipat surat..
kayak-a abes math fair bisa lanjut kerja d serambi kak,hahha :D
doa kan kami sukses ya kak :)

 

^rehan: huaaaaaa.....kami penasaran han. iya, kayanya ada sesuatu deh pas kita math fair dulu, tapi apa ya????sumpah. penasaran abis:(

^sari: oh.itu iya juga. banyak la pokoknya ahli2 lainnya.hheheh...amin. mudah2an sukses:)

 

wow, keren ya kak.
emang math fair bisa bikin banyak pengalaman yg gokil. hihihi.
ok kak, bakal segera dipublish hal2 berbau math fair.
uia, tp utk ip anjlok gamau.....

 

hahahahaaaa
itu tu nop....
ga enak cerita2 dsini..ada adek leting.. terbongkar rahasia qt nantik...
wahahahaaa

 

^nanda: yg mana yg keren nanda? yg nasib kk tragis itu yah?hahhaha....setuju setuju...math fair emang selalu punya kisah tersendiri di setiap leting ya:)

biar ga anjlok harus tawadhu nanda:)

 

^rehan: aaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....penasaran mati han....apa lu??? bisik e....yg mana? kasih clue nya aja kok gak. asli. penasaran kali.

 

Aku dulu kuliah di Math MIPA UGM. Berorganisasi pasti banyak manfaat yang bisa kita ambil... Sukses...

 

Aku dulu kuliah di Math MIPA UGM. Berorganisasi pasti banyak manfaat yang bisa kita ambil... Sukses...

 

hahahaaaa
itu loh... ***m dan l***
oke nop... semoga bisa mengatasi kepenasaran mu...
hahaha

 

^ami: wah, samaan kita mbak. sama2 anak matematika.hehhehe:D

 

^rehan: ah rehan. ulala banget deh.akhirnya nova ingat. yes yes yes! hhahaha:P

 

wah,hebat nyelesain cuma 4 tahun..moga math fairnya sukses..dan nilai IPnya juga sukses,hehe

 

^ione: hehhe..kebetulan aja tu, kayanya dosen dah eneg liat muka saya jadi dilulusin segera.hehhehe:P
amin.amni. makasih mas:)

 

pasti kamu tuh pinter ya? kalau aku ga salah, kamu juga dapat beswan djarum kan?

salut banget dah

 

^huda: hahhaha...bohong banget da.
kalau dapat beswa djarum iya, just lucky:D. saya juga bingung kenapa bisa lewat,hehhe:P

 

dari berorganisasi dan berpartisipasi dalam event2, memang banyak yang bisa kita pelajari. semoga semua pelajarannya itu nermanfaat sampai sekarang dan seterusnya ya ^^
ohya, sebenarnya nasib kamu gak malang; malah beruntung itu namanya :)

 

Sukses teruuuuuuuuuuuus :-)

 

hahaha,,
kami juga udah punya teknisi printer kak..
blom lagi udah ada yang jago maen drama, jago ngelipat kertas(bisa kerja di serambi habes ne :D)
sampe hampir patahin laptop..
hahaha

*ceritanya emank aneh2..

 

^rakun: iya. mudah2an. malangnya banyak banget kerjaan saya,hehhehe

 

^fahrie: makasih yaaaaaaaaaaaaaaa:)

 

^it`s my life: siapa, siapa nis? si isan yah? wah,kk doain moga dia langgeng ama si printer ampe kakek nenek yah:D

yg jago maen drama sapa?
lha, yg jago lipat kertas winni bukan? soalnya kk liat dia ngelipat kertas semangat banget di sekret 2 hari yg lalu.

trus, yg patahin laptop siapa pelakunya?

emang mathfair bikin kita undefine yah,hahha

 

pertama kali dengar tentang math fair...

*senyuman luna itu lihat aja pada bulan sabit.

 

duh, komen saya udah di bawah aja nih. hahaha...
yaaa kalo mahasiswa dulu jamannya say amasih muda paling seneng kalo ada kegiatan macem beginian. Emang sih capek, tapi seru-seruan bareng temen, plus kadang makan gratis dari sponsor (minimal dosen sendiri), sama banyak pengalaman baru ketemu banyak hal bikin kenangan nggak terlupakan..

semangat aja nov!.. dapet ilmu baru perbaikan printer gitu kan?.. lumayan buat modal buka jasa ntar tuh.. hahaha

 

kunjungan pagi minta di follow

 

Hhhh, matematika=musuh besar... :D

 

Iri sama mbak, saya sekali aja belom pernah loh mbak ikutan ormas di kampus. Saya kan ngambil kuliahnya malem, sudah ndak mikirin yang begituan itu >.<


Seru padahal kalo denger cerita temen yang ampe kecapean gitu nguruis ormas tadi, nggak kalah seru juga kok cerita mbak di atas...

jadi bisa neh nanti tanya2 ke mbak, gimana jadi public speaking yang baik :)

 

^ghost writer: :). oh, jd itu senyumannya yah:D

^gaphe: jaman kuliahnya mas gaphe kapan ya? hehhhe,,makasih mas:)

^wiy: makasih. oke.bakal ke TKP

 

ikut organisasi kampus kagak ngaruh sih harusnya sama lamanya lulus, itu mah alesan mahasiswa aj. ghahaahha

 

^eks: awalnya bagi saya juga begitu, tp akhirnya jd teman setia.heheheP

^ajeng: hahhaha...apalah yg bisa diirikan dari saya jeng?
mudah2an kuliahmu sukses jeng:)

 

^reborn: harusnya begitu mas:D

 

btw kamu lupa jelasin satu hal. Math fair itu acaranya ngapain aja?? saya masih bingung.. hehehe

 

Aku ga terlalu aktif di himpunan, minggu ini himpunanku mau mengadakan baksos buat pelantikan anggota baru sekaligus lagi sibuk ngurusin seminar, aku kabur terus.. hihihi, lagi kurang mood di himpunan.
Sepertinya bagus untuk usulan ke kahim nich..makasih ya.

 

oohh..guru matematik toh mbak..

oya, ne postingan kaykanya nyambung banget sama pertanyaanku belakangan ini.."penting gak sih ikut organisasi?" dan terjawab sudah..

trims mbak, simpel tapi mengena... ^^

 

^jacky: hua...ada saya jelasin diatas, math fair itu banyak paket kegiatannya, misalnya seminar, aneka lomba, olimpiade,dll. coba deh dibaca ulang*maksa,hahha

 

^sarah: moga acara baksosnya sukses yah:)

^rabest: kalau di bimbingan belajar saya ngajarnya bahasa inggris mbak=).hehhe...moga membantu:)

 

Mahasiswa yang aktif di organisasi biasanya memang jadi kreatif, karena memang harus selalu punya ide agar acara yang dihandle bisa sukses.

Sukses deh buat adik2 letingnya.

 

^atikah:itulah senengnya berorganisasi ya mbak=). amin.makasih doanya mbak=)

 

hi thx! i am following now. have u followed me?

 

kok tragis...bukan tragis itu, tapi (apa ya). pokoknya oke lah, kalo saya rada trauma berorganisasi.

 

hahaha selamet ya mba.. hehe..
himatika unila (universitas lampung) juga gitu.. tapi aku gak ikutan.. aku cuma sebagai peserta lomba aja. hehe. tapi ngeliat anak² yang ngurusin pada kelabakan ya kayaknya gak jauh beda ama kondisi mba.. hehe

 

^pramudita:saya sudah follow luan mbak=)

^muhammad a vip: yah tragis lah, kan kerjaan saya jd banyak gitu.jiehhehehe:P. Hah? trauma? kok bisa???

^Akanedsila: apanya yg selamet ya? selamat karena nasib tragis saya yah???hhahaha

 

wah padahal saya mendengar kata matematika saja sudah ngeri he he

 

waduh, salut ternyata jago buat2 design ya, kreatif artinya, hehe..:)

salam

 

jadi ini kisah nova saat dulu jadi panitia EO Math fair, hmm terlihat sibuk sekali namun bisa lulus dalam 4 tahun... hebat :D

1. maaf yah blog saya bukanya lelet, kalau boleh tahu widget mana yg paling membuat lelet? (kasih tahu diblog ku yah)

2. komen nova selalu masuk kok, namun sering dobel :D

3. Trik buka blog yg dirasa lambat adalah, saat loading utamakan artikelnya keluar, tidak perlu menunggu semua widget keluar (caranya klik icon stop di toolbar browser yg biasanya berupa icon huruf x)

 

xxixixixixix..
kalo nisa bilang ngambek nti dia kak..
hahaha..
nggak winnie aja kak.. dijamin yang rajin duduk di sekret udah bisa kerja di serambi terus habes ne..
*kalah jago yang laen..hahah..

laptopnya hamper patah ketimpa kipas angin yang jatoh kaka..
hahahaha
ada2 aja pokoknya..
aneh bin ajaib :D

 

Hidup berorganisasi memang nyenengin, btw keahliannya sampai macam-macam gitu., gak kebayang dech kalau listrik mati trus ditonjok-tonjok. :D

 

acara yang bagus dan berguna ya dikampus ^^
kalau dulu aku jarang beroganisasi jadi jarang tau ada acara apa aja di kampus hehe :p

 

^joe: saya malah mau muntah.Lho???

^wits: ga jago sebenarnya mbak, tp karena ga ada orang lain aja,hehhe:P

^r10: hehhe..itu karena dosen udah eneg banget liat muka saya kali,hahha:D. Ok ok,sudah di komen di blognya:)

^it`s my life: hahha..ada2 aja nih kalian. setiap leting emang punya kisah tersendiri ya nis:)
Aaaaaa...kangen kampus.....:(

^dwi: hehhhe...

 

^ria: mudah2an banyak manfaatnya dari acara ini=)
kadang saya juga kurang tau sama kegiatan lain di kampus,hehhe:P

 

matik di Bali kok ga ada yang ngomongin acara ini ya..?

 

^tukang colong: kan tiap himpunan beda projectnya bli..:)

 

Posting Komentar