- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Demi Surat Keterangan Tidak Mampu



Saya siapa? Saya hanyalah seorang manusia tidak berdaya diantara ribuan orang yang berdaya hebat dan kuat. Untuk membiayai kuliah saja susah. Adalah saya yang harus berjuang keras agar bisa terus bertahan hidup. Ayah sudah lama pergi ke haribaan Illahi meninggalkan seorang ibu rumah tangga, saya, dan dua adik saya. Kini saya mengenyam bangku perkuliahan yang itu artinya saya harus hijrah dari kampung kelahiran saya menuju ke kota lain bernama Banda Aceh. Di Banda Aceh semua harus dibayar dengan uang, rumah kos, makan, transportasi, dan biaya SPP. Apalah daya ibu yang seorang ibu rumah tangga, ayah hanya meninggalkan pensiunan RP400.000; perbulan, itu harus mencukupi kebutuhan kami sehari-hari, biaya sekolah adikku yang kelas 3 SMA dan biaya adikku yang kelas 1 SMP, juga biaya kuliahku. Cukup? Saya rasa kalian tau jawabannya.

Alhamdulillah untuk SPP dan segala macam keperluan awal saya di Banda Aceh ditanggung oleh paman saya. Ini sebuah rezeki yang luar biasa buat saya.
Namun, taukah apa yang terjadi berikutnya? Untuk semester dua ibu saya hanya punya uang Rp300.000; dan biaya spp saya saat itu Rp800.000;.Usaha paman saat itu mulai surut jadi tidak bisa membantu saya. Saya nangis sejadi-jadinya kepada Allah, betapa saya ingin melanjutkan pendidikan saya namun kelemahan ekonomi membatasi.
Apa yang bisa diharapkan dari Rp300.000;? Saat itu saya nyaris ikhlas untuk memutuskan kuliah saya dan kembali ke kampung halaman. Tuhan berkata lain. Entah bagaimana akhirnya paman dapat pinjaman uang dan diberikan kepada saya untuk membayar biaya kuliah. Terimakasih Paman. Alhamduliilah. Terimakasih Tuhan.
Kini, saya masih tetap bisa kuliah meski dengan penuh perjuangan.

***********************************************************************************************

Cerita diatas mengingatkan saya pada salah seorang sahabat. Saya kagum dan salut dengan beliau. Dialah salah satu alasan mengapa saya tidak tertarik untuk mendaftar berbagai beasiswa yang mensyaratkan “Surat Keterangan Tidak Mampu”. Seperti yang kita tau, bahwa begitu banyak beasiswa pendidikan yang ada di kampus, namun ada banyak juga syarat beasiswa yang mengharuskan kita melampirkan “Surat Keterangan Tidak Mampu” meski sebenarnya kita mampu.
Saya pernah ditanyai seorang teman seperti ini :

Teman : Nov, ga daftar beasiswa XXX?

Saya : oh, enggak,hehhe

Teman : kenapa?

Saya : ga kepengen aja. Gue lagi kaya.hahhaha

Teman : ah, ga mungkin ga kepengen, pasti ada sesuatu ya kan? *menyelidik

Akhirnya setelah ditanya bertubi-tubi saya jawab jujur juga, sebenarnya saya ga mau daftar karena salah satu sayarat beasiswanya harus ada “Surat Keterangan Tidak Mampu”. Meski saya bukan dari keluarga kaya raya tapi insyaAllah orang tua masih mampu. Saya hanya tidak ingin berbohong. Saya melihat bagaimana euforia teman-teman yang kalau musim beasiswa pada heboh ngurus-ngurus “Surat Keterangan Tidak Mampu” meski punya Blackberry, laptop pribadi, dan kendaraan pribadi, serta jajanan lebih dari Rp40.000; dalam sehari. Dan mirisnya lagi, ketika dia berhasil mendapatkan beasiswa, duit beasiswanya tidak sama sekali dipergunakan untuk hal-hal perkuliahan, minimal ganti BB baru. See? Menyakitkan bagi seorang yang untuk membiayai kuliah saja dia harus pontang panting jungkir balik, apalagi untuk punya BB, laptop, ataupun kendaraan. Masih banyak yang membutuhkan. Biarlah beasiswa itu berada di tangan yang berhak.

Dan kalian tau apa reaksi teman saya?
ah, anak pejabat aja buat “Surat Keterangan Tidak Mampu” nov.”

36 komentar sahabat:

Assalamualaikum mbak...

Hmm..miris ya mbak ngliat kenyataaan seperti itu..
Dana yang semestinya buat mereka yang ga mampu malah nyasar ke tangan yang ga semestinya...

Ditambah fakta birokrasi pengurusan macem2 yang mempersulit orang yang bener ga mampu.. ironis bener...

Lebih baik ga perlu ada beasiswa, biaya pendidikan aja yang di gratiskan..(ini mimpi banget kal ya??)

 

waalaikumussalam mas todi:D

wah, setuju kalau biaya pendidikan gratis, jd siapa aja bisa mendapatkan pendidikan.

 

cuma bisa ngelus dada nov...
miris..

 

zasachi: iya. mudah2an ga ada yg begini lagi ya

 

Mudah-mudahan kampus bisa ambil peran juga untuk verifikasi mahasiswanya yang kurang mampu...

 

Salam kenal Nova....bunda balik mengunjungimu..
"semakin gak ngerti dg kehidupan sekarang"...
Nova...bunda follow ya, jgn lupa follow balik...

 

setuju banget..banyak yang seharusnya dapet beasiswa pada yang berhak menerima,malah lari keorang yang gak pantes nerima.God Joob.klu ada waktu maen2 keblog ane ya

 

Beginilah kenyataan yang sering saya dengar tentang beasiswa yang ada saat ini justru jatuh ke tangan mereka yang tidak berhak. Nah kalo sebenarnya jatah itu untuk orang lain yang tidak mampu lalu kita rampas, bukankah artinya kita telah mendholimi hak orang lain?

 

jika sesuatu hal diberikan kepada yang bukan haknya, maka tinggal tunggu kehancurannya.. Mental meminta sepertinya masih membudaya dibanding mental memberi yah..

untungnya yang saya tahu, kalo beasiswa ditempat saya meskipun ada surat keterangan tidak mampu.. biasanya akan disuvey dulu tempat tinggalnya dan daya listriknya. Plus ditanyakan kepaa tetangga kiri kanan secara rahasia. Saya tahu karena saya dulu pernah disurvey, tetapi bukan utnuk pengajuan beasiswa. jadi nggak langsung diluluskan kalo ternyata emang nggak cocok nerima.

makanya ada juga beasiswa PPA (peningkatan prestasi akademik) yang siapa aja berhak ambil nggak pake surat2 begituan asal IPKnya CumLaude.

 

ganti BB.. -__-" ckck
orang kaya pakai surat miskin, #miris
tetap semangat yak :)

 

memang seharusnya surat keterangan tidak mampu itu benar-benar untuk mereka yang tidak mampu secara ekonomi, sehingga tidak salah sasaran

 

^fahrie: maunya sih begitu. tp sampai sekarang belum terlaksana

 

^bunda Loving: salam kenal juga bunda. makasih kunjungannya. iya, makin aneh aja ya..hehhe...ok:)

 

^ione: iya, agak susah merubah ini.

^djangan pakies: bener banget pak, itu memang mendhalimi org lain namanya.

^gaphe: wah, kalo di cek begitu enak mas, tp sampai sekarang saya belum pernah dgr kalo pihak kampus turun lapangan buat nge cek yg beginian

 

Iy sedih juga melihat bangsa kita...seharusnya pemerintah bisa lebih serius menanganinya bukan hanya sampai tingkat penyalur tapi sampai ke penerimanya...

 

^ma_dhan: saya jadi tekejut sendiri liat BB barunya pasca penerimaan beasiswa.

^basir: thank you

^Joe: harusnya begitu.

 

Jamanku kuliah masih murah banget Nova, makanya orang berduyun-duyun ingin masuk universitas negri. Sekarang gak swasta, gak negri, semuanya mahal. Aku sendiri suka malu, dulu jaman kuliah gak rajin belajar malah sibuk ikutan paduan suara dan main sofbol. Alhamdulillah lulus pas-pasan. Eh, sekarang tertarik belajar spiritual dan agama. Guruku tidak mau dibayar, dia mengharap ridho Allah dari mengajar agama, cari uangnya dari jualan kue...

 

mudah2an yg kaya sadar diri....

 

setuju dengan dirimuuuu...

jangan memanfaatkan kesempatan untuk diri sendiri.. mendingan kasih ke orang lain yang lebih membutuhkan.. ^^

 

kak, kunjungan pertama saya. salam kenal ya :)
biarkan saja kak untuk orang orang seperti itu. mereka mengambil yang bukan haknya. mereka mampu tapi bilang tidak mampu hanya untuk mendapatkan uang yang dipakai untuk kepentingan pribadi.
semua selalu terbayar kok :)

 

merinding aku bacanya mbak
ga cuman terjdi dikampus mbak di kampus ane juga gitu

 

assalammualaikum
itu juga yang sring chika lakukan mba
karena syarat keterangan tidak mampu

ibu terang2 bilang gx boleh
karena ibu masih mampu

dan chika lebih memilih berjuang kerja sambilan daripada ngambil beasiswa tidak mampu :)

 

Ya ampun kak... Merinding abis bacanya..
Tetep berjuang ya.. Tulisan ini inspiring banget :))

 

Uang memang menggiurkan..paling miris lagi kalo yang ikutan beasiswa dengan syarat itu *dan lulus seleksi penerimanya* ikutan demo neriakin para koruptor..ga nyadar diri, ga bercermin dulu sebelum neriakin kesalahan orang lain.

Seperti kata Mas Gaphe, prosedur verifikasi seperti itu pasti ada, biar tepat sasaran. Trus kenapa yang punya BB aja bisa lolos??Hiks..
#curhat ga punya BB :p

 

^ami: wah, maunya biaya kuliah jgn naek2 ya, tetap kaya dulu aja, murah,hehhe..salut deh sama guru agamanya mbak ami^^

 

^basir: makasih ya^^

^fadly: setuju sama kamu^^

 

^insani cita: amin. mudah2an.hehhe:D

^rere: yup^^

^andriansyah:makasih ya kunjungannya. saya bakal kunjung balik^^. Iya nih, mudah2an kedepan ga ada lagi yg kaya gini ya

 

^pondok daud: moga kedepannya ga ada lg yg begini ya.

^chika: iya chika, mending kerja sampingan aja ya, lebih baik dan halal^^

^felicia: makasih ya say^^

 

^irly: memang melihat kesalahan orang itu lebih mudah dari pada melihat kesalahan sendiri

 

wah,setuju sama chika :)
iyayah kdg emang pengen dpt beasiswa, tapi klo ortu masi mampu gimana

 

emang ngeselin yah kalo beasiswa di disfungsikan..
Emang agak ribet sih kalo bikin surat itu tapi itu membantu teman sya jga.. dia dr SD smpai SMA skarang ini dapat beasiswa.. latar belakang ekonominya memang kurang sih..
Tapi sempat ada guru yg bilang "ada yg mau beasiswa ga? kalo mau 'tinggal' bikin surat ket.miskin 'aja'. 'Sayang' loh beasiswanya.." Seakan-akan fake pun tak apa..
Tapi akhirnya ga ad yg mau.. krna pda brharga diri tinggi semua :D

 

persis banget jaman saya kul Nov... beasiswa bertebaran... semua pake surat keterangan tidak mampu gak peduli yang gak mampu beneran ato yang terang2an mampu tapi dengan pedenya bikin surat keterangan gak mampu...

btw, paman Nova baik banget ya....

 

^Uci cigrey::)

^Hamadzi: moga segala sikap baik bs bertahan lama ya:)

^aina: oh, uda dr dulu begitu ya mbak. saya kira jaman saya kul aja:D
itu bukan paman saya, tp pamannya temen saya mbak:)

 

assalamualaikum mbak nova.
sm mbak,.
d kampus ane da beasiswa gt.
syarat hrs melampirkan "surat ngk mampu na".
tp wkt thu alhamdulillah ane dpt beasiswa tanpa hrs da surat thu mbak.
ngk th np ane bisa dpt thu beasiswa, gee beruntung mgkn ia..
:)

 

ah, sama kali kak nova. kadang2 rasanya iri liat temen2 yg pada heboh waktu uang beasiswa turun. lebih iri lagi waktu uangny ternyata dipake buat beli baju, perawatan buka, dll dsb dst yg sebenernya ngga penting2 bgt. mikir, kalo seandainya bisa dpt beasiswa pasti enak bisa beli banyak baju, sepatu sm buku. *haha.. ini motivasinya bikin malu aja. xp
tp abis itu jadi sadar lagi, ya ampun mel, masih banyak yg lebih butuh!

 

Posting Komentar