- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Bohong Aja Lu

Bodo amat sama April Mop, say mah udah keseringan bohong.gyahahaa….*naudzubillah deh:P
Mudah-mudahan makin tambah bulan makin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, bukankah manusia yang beruntung adalah yang lebih baik dari hari kemarin?
Aaa…mau ramadhan aja nih. Horeeeeeeee….*Gubrak banget yah saya:D
****************skip*****skip******skip*********************************************
Saya masih mengingat-ngingat kejadian selama kuliah dulu *brasa gw udah lamaaa banget lulusnya, padahal baru Februari 2011 lalu deh. Ah ya, pernah waktu semester awal diperkuliahan saya ikut program Bakti Sosial (Baksos) kampus. Sok kece banget ya saya, masih anak baru udah ikut begituan padahal syaratnya harus mahasiswa yang semester 3 keatas. Tapi entah bijimana (biji nangka, biji toge, ato biji tomat yah???hahha:D) akhirnya saya lulus juga untuk jadi relawan baksos tersebut. Baksosnya diadakan di lokasi yang jauh dari Banda Aceh, tempat saya tinggal. Harus menempuh perjalanan sehari semalam, harus naik-naik rakit segala, daerahnya terpencil banget, saya belum pernah dengar sebelumnya.

Eh, pas saya bilang ke ayah ikutan baksos ini ayah ga ijinin saya ikut. Tapi kan sayang, saya udah lewat. Akhirnya dengan berbagai jurus dan muka memelas menghiba *palsu akhirnya saya diizinkan. Sebenarnya ayah punya alasan kenapa saya ga diijinin pergi ke tempat baksos, karena pada hari yang bersamaan ayah harus berangkat dinas ke Malang selama 5 bulan, jadinya rumah bakal sepi banget kalau saya dan ayah pergi. Tapi mah, hati saya sudah sama si baksos ya mau gimana lagi, soalnya menurut saya ini momen langka banget saya bisa nimbrung di kegiatan sosial, mumpung kuliah juga lagi libur.

Akhirnya saya berangkat.

Ternyata tidak mudah untuk sampai di lokasi baksos, kami harus menempuh perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan. Mobil yang kami tumpangi sempat tergelincir di rakit karena kondisi sedang hujan lebat, sempat pula macet dijalanan ga bisa nanjak karena tanjakan jalannya terlalu tinggi *bayangin gw dorong2 mobil. Banyak banget cobaannya.

Akhirnya sehari semalam perjalanan kami sampai. Hei…what??ini masih bukan sasaran baksos kami. Ini masih di kecamatannya. Bayangkan, untuk sampai kecamatan aja kami harus masuk kampung ke pelosok banget. Kami masih harus nempuh perjalanan setengah hari lagi untuk mencapai sasaran baksos. Dan luar biasanya, tidak ada satupun kendaraan yang melintas untuk menuju daerah sasaran. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan desanya? Akhirnya kami menyewa mobil lain, karena mobil sewaan kami (bus dinas perhubungan) tidak mampu untuk berjalan mencapai daerah sasaran, karena jalannya sangat curam dan licin.

Ah, akhirnya kami sampai. Warga desa udah rame aja nungguin artis dangdut rombongan kami nyampe. Oia,jumlah kami sekitar 30-an kalau ga salah. Penginapan yang disediakan buat kami adalah sebuah balai ngaji yang sudah lama tidak dijamah karena tengku (sebutan untuk guru ngaji laki-laki di Aceh) sudah lama menghadap Illahi. Bangunannya lumayan besar, hanya tersedia dua ruang, ruang depan dan ruang belakang yang disekat oleh dinding dari batako dan berlantai semen kasar. Di depan balai ada sebuah pondok kecil tanpa jendela, mirip seperti tempat peristirahatan yang ada di tengah sawah. Ya, persis seperti itu, dan disitulah para relawan laki-laki tidur melepas lelah, sedangakn kami yang wanita tidur di dalam balai di ruang belakang.

Suasana kampungnya masih asli banget. Pedesaan yang kental dan belum terjamah oleh apapun. Bayangkan, mereka tidak punya alat transportasi. Tidak ada rumah penduduk yang memiliki kamar mandi termasuk balai tempat kami menginap ini dan ini bikin saya megap-megap, bagaimana kalau ingin buang air kecil tengah malam? Ah, ya paling bahaya, kalau ingin pup, aaa….
Penduduk setempat memanfaatkan sungai dibelakang desa sebagai kamar mandi dan tempat buang air kecil dan air besar. Kebayang ya repotnya kalau ingin buang hajat mesti pergi ke sungai dulu.
Inilah yang kami alami.

Mata pencaharian penduduk desa 100% bertani dan berladang. Mereka pergi ke sawah atau ladang di pagi hari dan pulang di sore hari. Makanan sehari-hari ya dari hasil ladang, oleh sebab itu mereka tidak pernah mengkonsumsi ikan. Ya, ikan menjadi langka banget bagi mereka.
Mirisnya lagi, masyarakatnya juga tidak mengenal sabun. What????

Jadi ceritanya, Alhamdulillah kami bawa barang-barang cukup banyak ke sini, buku-buku, baju, seragam, pakaian, sampai sembako, juga gak ketinggalan sabun, pasta gigi, deterjen dan antek-antek kebutuhan rumah tangga lainnya.
Waktu itu kami ngadain kampanye kebersihan, anak-anak desa kami ajarin cara menggosok gigi yang benar dan cuci tangan pakai sabun. Ya ampun, mereka seneng banget pas acara cuci tangan pakai sabun. Ternyata mereka belum pernah liat sabun sebelumnya, jadi seneng banget liat ada busa keluar dari tangan. Yah, keliatan banget baru pertama cuci tangan pake sabun, jadi busa sabun yang mestinya berwarna putih pada jadi kecoklatan semua. Saya sempat bingung juga miris, jaman sekarang masih ada aja orang yang belum kenal sabun.

Hal lain yang saya ingat banget adalah mereka juga gak kenal sama penjepit kuku. Yah, kuku mereka pada panjang-panjang dan item-item. Kami potongin kuku mereka satu-satu dan sempat menyesal juga kenapa ga bawa banyak penjepit kuku. Saya tanya ke salah satu adik yang kukunya saya potongin, masayarakat disini ga bisa bahasa Indonesia, mereka cuma bisa bahasa aceh dan Alhamdulillah saya bisa bahasa aceh,hehhe:P.

Saya: adoe, biasajih pajoh bu ngon jaroe? (adik, biasanya makan pake tangan?)

Adik : *ngangguk

Saya : hana takot saket pruet? Kuku jih panyang that nyoe (ga takut sakit perut? Kuku adik panjang kali)

Adik: hana. Ka biasa (gak. Udah biasa)
*kalau dipikir2 pertanyaan saya diatas ga penting banget yak???:D

Saya: biasa jih ngon peu gunteng kuku?(biasanya gunting kuku pake apa?)

Adik: kadang ngon sikin, tapi kayem hana (kadang dengan pisau, tapi lebih sering gak potong kuku)

Bisa bayangin gak kondisi kuku tuh adik?

Satu hal lagi, ternyata makamnya tengku yang udah meninggal itu ada di depan balai ngaji tempat kami nginap. Hiyyy…saya baru tau pas tepat seminggu kami di sana.

Saya belajar banyak hal banget dari baksos ini. Bagaimana susahnya mereka bertahan hidup, ternyata saya gak patut banget untuk mengeluh dengan kehidupan yang sudah Tuhan anugerahkan saat ini. Terimakasih. *ah ya, saya jadi pingin ikutan “Jika Aku Menjadi” di Trans TV.

Lihatlah sekitar, maka kalian akan merasakan betapa luar biasanya anugerah Tuhan buat kalian=).

Jangan suka bohong ya, karena bagaimanapun bohong tetaplah perbuatan tidak terpuji:)

39 komentar sahabat:

ah iya!
hari ini april mop!
#ikutIkutDoang

 

bener-bener perjuangan banget ya kak buat sampe ke sana :(
setelah ngebantu mereka, pasti ada rasa kepuasan dan kesenangan sendiri. apalagi pas motongin kuku anak kecil ituu.
poloos banget ya dia :)

heheheh, ayooo kak ikutan program transtv, jika aku menjadi. nanti aku tonton :D

 

^pencari jejak: iya:).asal ga ikutan bohong.hehhe

 

^andri: hehhe...pinginnya, tp ga tau gimana caranya,hahha:D

 

ouh yach..aku juga ngga mau bohong lagi..

dulu sering aja bohongin pacar sendiri.aduh..

 

^ghost writer: bagus bagus..hahha..lanjutkan sob=)

 

Ini cerita bohong ya..?
Hehehe

 

Alhamdulillah, bersyukur banget hidup di kota, di jaman sekarang.. ya, bukan apa-apa sih.. minimal bisa mandi pake sabun dan potong kuku di salon..*lah?

nggak bisa bayangin kehidupan mereka yang begituan kayak gimana. tapi toh setidaknya jadi bahan belajar buat kita juga kan nov.

 

saya teringat episode di Sponge Bob, "Hari Kebalikan"

 

hehe...soulmate ma akyu nih..gak suka April Mop!
Pengalaman yg cukup berarti buat pembelajaran pribadi bagemana melihat realita kehidupan yg membuat kita terpacu untuk meningkatkan keshalehan sosial.

*mw ikutan program TV itu to? Kalo masuk TV kabari akyu yaaa...^^

 

klo gak ikutan "jika aku menjadi" ikutan "termehek2" aja non, hehe..
apa hubungannya..

 

April Mop, kenapa mop cuman di bulan april? ngga bisa dibulan lain? :D

 

hahaha... seoga kamu bisa ikutan acara "Jika aku menjadi" yah.... :p

btw di daerah badui banten juga gitu nov. dulu saya pernah diceritain sama guru sma saya. plus kedatangan orang badui langsung ke sekolah saya. bayangin mereka jalan kaki dari pelosok banten ke tangerang tanpa alas kaki. swear, saya ga boong walau ini april mop sih. hehehe... tapi saaya super duper serius nyeritainnya. heheehe

 

waaaahh..yang kayak gini niiihh...postingan pas buat momen "april mop2an"..hehehe..
ada juga ya daerah yang masih sebegitunya... *garuk2pala*

eniwei mbak, saya pernah liat di acara apaaaa gtu, mereka yang ikutan acara "aku ingin menjadi" tuh cuma nangis bo'ongan ajeee....yah, salah satu cara biar tenar juga, hehehe..

 

saya gak suka bohong, tapi kadang keadaan menjebak...ini jangan-jangan kerjaan setan ya?

 

Sebuah kejujuran tdk bs d nilai dgn takaran apapun, honest is good...

Pengalaman yg sangat beharga tentunya ya Mba Nova, Baksos merupakan kegiatan yg teramat Mulia...

Sudah sepatutnya kita bersyukur ya, ternyata masih banyak d antara saudara2 kita yg masih blm seberuntung kita...

 

hajar aja nov klo dia bohong terus... enak aja bohong :/

 

Aku pengen deh mbak ngrasin ikutan baksos gitu, sungguh pengalaman yang menyenangkan mbak ...apalagi bisa ngajarin ke mereka cara begini-begitu, duh senengnya :)

 

tapi cerita baksosnya ga bohong kan? :D

1. soal komentar kamu, yakin tak ingin kupublish? :D
**terima kasih untuk kritiknya yah :D

2. soal partner entah kenapa Google Adsense ga keluar :( jadi aku cabut GA dan balik ke SITTI walau ga ada yg klik :((

3. soal Top Artikel, sudah aku ganti widgetnya, sekarang menggunakan milik blogspot

 

Subhannallah
aku seneng bgt baca artikel ini Nov,..
kegiatan bakti sosial yang seperti ini yg saya pengen temui.
bukan cuma ke panti2 begitu aja..tp ada pelajaran penting yg kita ambil dr sebuah kegiatan sosial..
semoga baksos tetep berjalan yah Nov..

 

di Indonesia masi banyak tempat pelosok seperti itu ya?

hmmm. bersyukur bersyukur bersyukur.....
>>habis dari blognya mb rfika terus mampir sini (postingannya rada singkron*apaan sih)

 

wah,,,, jadi penasaran juga kayak apa ya tempatnya mpe gak kenal sabun???? hehe
tapi baksosnya tepat sasaran thu,,,, coba kalo di jawa, bingung mau baksos di mana... bingung nyari daerah yang bener2 terpencil...

 

kadang kaang jd mikir, masih ada ternyata sodara2 kita setanah air yang kehidupan mereka di bawah kelayakan... beruntung nov, bisa belajar byk hal waktu baksos.

eh, seru tuh klo beneran mau ikutan "jika aku menjadi"

 

first, april mop:
jangan bohong, dosa!
jangan mau dibohongi!

kasian yah masyarakat indonesia,
puluhan tahun merdeka..
hampir setengah abad. masih ada penduduknya yang ga punya sanitasi..
memprihatinkan!

tahun depan pilih aku aja jadi presiden :D

 

eh kakak tuh baksos yg di pemaf dulu y ?????

 

bulan april memang bener neh bulan kebohongan sedunia...?

 

Tadi saya baca di koran kl bulan april bulan kebohongan.

 

gak usah ikut2an april mop, sakit rasanya dikerjain habis2an..
hehehe..
:D

 

jadi gini ya kalo udah lulus, keinget pas kuliah. :D

 

Ini bukan boong kan? :o
Kalau saya sih termasuk orang yang males kalo disuruh baksos, takut nanti malah nambah ngerepotin (dari wajahnya udah keliatan kalo suka ngerepotin orang)... --'

 

ayo... ikutan jika aku menjadi...
kayaknya alamatt utk daftar menjadi peserta ditulis deh di akhir tayangan.

 

wah,seru banget acara baksosnya.tapi kalau gue mungkin akan ketiduran 3 hari tiga malam setelah sampai tempat tujuan,ngebanyangin susahnya rute yang dilewati,hehe..iya anugrah tuhan luar biasa kepada kita..

 

hmmmm mau dong di ajarin bahasa daerahnya, hehehehe,. acaranya seru abis, penuh hikmah..
kalo masuk tv jgn lupa kasih kabar yach..

 

iya sih, bohong bisa keterusan alias menjadi kebiasaan bahkan mungkin bisa kecanduan, walau memang dalam kondisi tertentu kita dibolehkan untuk berbohong. salam

 

jiwa sosial yang patut ditiru... evaluasi buat saya hari ini...nice posting..

 

hehhehe...ini bukan cerita bohong insyaAllah. cuma berbagi pengalaman aja,hehhe:P

 

Pengalaman hidup yang mencerahkan ya...

 

*mari buat gerakan seribu cinta sabun utk mereka.lho?

postingan ini related dgn aprilmob ya kak?

 

Posting Komentar