- FindingNova -

Hanya Ingin Menulis....

Mudahnya Jadi Dokter



Entah kenapa saya selalu sensi aja dengan yang namanya dokter (mungkin karena saya gak lewat kedokteran kali ya..hehhehe…milkysmile.).


Kalau udah bicarain dokter rasanya saya agak mual-mual mau muntah gitu (masuk angin tu, ke dokter sana, lho???), iya, saya suka emosi aja bawaannya kalau sama dokter.
Dulunya saya emang niat banget jadi dokter, maunya merubah image jelek dokter yang hanya mau mengobati jika pasiennya seorang beruang ( dokter hewan donk, hehhe…bukan, bukan, maksudnya si pasien punya banyak uang), tapi apa boleh buat saya tidak jebol di sana. Hahhaha….Nah, ternyata jadi dokter itu gampang banget, kalau kamu punya uang semua bisa kamu beli, termasuk untuk kuliah di kedokteran dan jadi dokter (Kalau saya sih ga punya cukup duit:P). Makanya ya mungkin banyak dokter-dokter tidak kompeten yang lahir di Indonesia, padahal itu menyangkut nyawa manusia. Saya emosi lagi ni kalau saya ingat cerita-cerita berikut :


1. Saya punya seorang kakek, bukan kakek kandung, adik laki-laki nenek saya. Nah, kakek saya ini punya penyakit jantung. Kebetulan saat itu mau dioperasi. Ternyata selain penyakit jantung kakek saya juga sesak napas/ asma. Nah, ketika akan dioperasi, si dokternya tanya : “bapak punya penyakit asma?” eh, saking pinternya tuh si dokter yang kuliahnya di kedokteran dia baru nanya riwayat penyakit pasien pas di ruang operasi. Kakek saya jawab begini : “asma? Kalau sesak napas ada.” (Kakek saya gak ngerti apa itu asma)milkysmile
Dan si dokter melanjutkan operasi, alhasil ketika operasi berlangsung asmanya kumat. Jadilah semua panic diruang operasi. Emosi berat sama si dokter, apa dia gak ngerti kalau asma =sesak napas? Dokter macam apa itu? Padahal kalau pasien punya penyakit asma operasi jantungnya tidak bisa dilangsungkan. Nenek saya yang tamat SD aja tau kalau asma itu sama dengan sesak napas, lha pak dokternya gak tau?belajar ma nenek saya sana!milkysmile


2. Ini cerita makwo (kakak sepupu ayah saya), beliau punya penyakit ginjal. Sama juga, waktu itu mau dioperasi. Setelah selesai operasi kira-kira dua minggu berikutnya pinggangnya yang seharusnya sembuh jadi sakit-sakit. Beliau kembali lagi ke sang dokter, dokternya bilang gak papa, itu masih penyembuhan luka operasi. Setelah bertahun-tahun, masih aja pinggang makwo saya sakit, dokter bilang juga gak ada sakit apa-apa sambil dikasih obat yang mahalnya naudzubillah.
Karena tidak tahan, akhirnya makwo saya ini berobat ke Malaysia, ternyata sampai disana setelah diperiksa barulah diketahui bahwa ketika operasi ginjal dulu ada tulang pinggang yang tersayat oleh sang dokter, sekarang sudah infeksi, inilah yang bikin makwo saya sakit pinggang bertahun-tahun. Emosi gak dengarnya? Saya emosi tingkat tinggi. Gimana ya tuh dokter yang operasi ginjal dulu , bukannya menyembuhkan malah menykitkan si pasien. Saya speechless.milkysmile


3. Tetangga saya mengalami sakit di perutnya. Udah lama. Baru setahun terakhir ini dia ke dokter. Eh si ibu dokter kepintaran itu bilang kalau tetangga saya ini sakit usus buntu dan harus segera dioperasi jadi langsung dirujuk ke rumah sakit. Ternyata yang operasi bukan si ibu dokter kepintaran itu melainkan dokter ahli bedah. Ketika sudah diruang operasi, setelah perut tetangga saya ditekan-tekan dan akan dibius, si dokter bedah mukanya agak aneh, lalu mengambil HP dan menelpon, tetangga saya ini masih sadar 100 % ketika dokter bedah ini menelpon yang ternyata orang yang ditelepon adalah si ibu dokter kepintaran.
Dokter Bedah : Buk, ini serius dia sakit usus buntu? Asumsi saya sepertinya bukan
Ibu Dokter Kepintaran : iya dok, saya yakin sekali.
Dokter Bedah : Saya tekan perutnya gak sakit dok, sepertinya bukan ini.
Ibu Dokter Kepintaran : Saya yakin usus buntu.
Nah, lho, gimana perasaan kita ketika kita menjadi tetangga saya? Sudah siap mau dioperasi ternyata penyakitnya masih diragukan. Akhirnya dengan ragu-ragu si dokter bedah tetap membelah perut tetangga saya.

APA YANG TERJADI?????

Tidak ada apapun diperutnya! Bahkan si usus buntunya juga sehat walafiat tanpa kekurangan satu apapun. So, what do you want to say? Kalau seribu orang sumpah serapah sama tu ibu dokter kepintaran saya ikhlas deh. Begitu gak berharganya nyawa ya bagi si bu dokter.milkysmile


Anyway, sebenarnya saya pingin banget publish nama-nama dokter-dokter alumni fakultas kedokteran itu yang notabene mau masuk fakultas kedokteran butuh IQ yang tinggi untuk menembus SPMB. Tapi, IQ itu sudah bisa dibeli dengan uang sob. Lu punya duit? silahkan masuk kedokteran.
Tapi gimana ya??? Ini etika dunia per-blog-an kali ya, gak enak promosi-promosi nama orang di blog ini.


Di Banda Aceh, belum ada saya temui dokter yang bisa ngasih harga 12 ribu rupiah + obat-obatan untuk satu kali berobat (ini untuk dokter yang buka praktek sendiri ya, kalau dokter puskesmas kan beda, dia emang udah dikasih gaji sama pemerintah). Tapi, ada satu mantri yang juga buka praktek sendiri tapi bisa begitu. Beliau bukan dokter, tapi hanya ahli analis obat-obatan. Biayanya berobatnya cukup murah. Hanya 12 ribu, kita sudah dapat konsultasi dan bawa pulang obat. Saya dan keluarga sudah bertahun-tahun berobat disini dan obat yang dikasih juga tidak sembarang, Alhamdulillah kami bisa sembuh.


Beliau tidak bertitel dokter tapi tau arti pengabdian kepada masyarakat. Saya rasa di Banda Aceh belum ada seorang dokter yang seperti pak mantri itu. Kalau yang title dokter sih Paling rendah biaya konsultasi 50.000. Apa karena kuliah di kedokteran itu terlalu mahal ya?
sehingga ketika menjadi dokter harganya juga mahal? Wallahualam.
Saya yakin, di dunia ini masih banyak dokter yang punya hati nurani, yang kesembuhan pasien adalah prioritas bukan uang. Yang betul-betul berdedikasi tingi terhadap dunia kedokteran yang digelutinya. Semoga dokter-dokter seperti diatas segera punah dan diganti dengan dokter-dokter baru yang benar-benar paham dan berkompeten.

24 komentar sahabat:

Begitulah dokter skrg, byk yg sok tau tapi gak semua kok terutama yg dah senior :) n aku jug apy teman cln dokter dari aceh namanya Liza, coba deh u liat blognya lizafathia.com :) btw awardmu dah tak pajang di post yg lalu :)

 

Masih ada kok dokter2 bagus di indo, yah contohnya dokter2 yang umurnya diatas 40 an dan berasal dari universitas bagus n ternama di indo...Ntar kalo mo ke dokter tanya dulu aja riwayat si dokternya..umur berapa, lulusan mana dan kualitasnya gimana...ok..hehehe

 

harap maklumlah...

sedih lg deh hikz..

 

nice posting.

saia juga pernah punya pengalaman menyebalkan dgn dokter gigi. Dulu waktu mo cabut gigi, eh...seenak enak nya aja main tarik2 gigi saya. Gak tau juga cara nariknya gimana, yg jelas kayanya pas ga berhasil melenyapkan gigi saya, dia malah makin emosi, maksa....pd hal saya udah teriak2 kayak orang gila.

pdh hal sblumnya saia pernah ke dokter gigi lain, perasaan gak gitu deh cara nyabutnya...

yg intinya adalah, emang banyak banget dokter2 gak kompeten di bumi ini. tapi yg bagus juga ada...

nyari yg baik baru susah. Yang bisa berobat cuma yg punya duit.

^^

 

jadi inget ama mantri di lingkungan saya mbak..
ramah, murah, dan perhatian ma pasien nya

salam kenal dari bintangair...
wah blognya seger banget ya,,,
i like green soalnya hehhe

 

kacau juga yah dunia media indonesia. Kirain gw, hanya kasusnya mba prita doang, rupanya masih banyak dokter bejat laennya. Ckkckckckckckck......


Semoga gw berharap yang jadi dokter nanti ga mikirin profit doang tapi benar-benar kompeten dan berhati mulia.

 

aku juga suka sensi kalo denger ada dokter yg kayk gitu,,

kalo disini kita tinggal lemparin uang ke mereka aja kita bisa jadi dokter dadakan..

jadi dokter kan pasti kayak soalnya skali ada pasien bayarannya pasti ga murah...

jadi kasian sama orang2 ya ga mampu tapi masi tetep di tarikin uang berobat.. -_____-

 

@Aulawi Ahmad
iya, Liza emang teman saya mas^^

 

@Bintang
iya, karena udah tua kali ya, makanya baik begitu, hehhehe

 

@Hanya Seorang Sahabat
kenapa sedih sob???

 

@chloe's_journal
emang ada kadang dokter yang suka emosian begitu, hehhehe

 

@bintangair
iyah, mantri yg saya ceritain diatas juga begitu.

gak pingin diminum kan liat blog saya saking segernya?hehhehee

 

@Noeel-Loebis
ini baru sebagian kecil sob:(

iya, amin

 

@ra
salam kenal juga^^
thnaks kunjungannya^^

 

@Senangbertemudengananda
semoga gak akan ada lagi dokter yg begitu ya...

 

Ya mungkin banyak dokter jadi-jadian...tapi nggak semua lho yaaa :p

 

@Felicia Putri
bener! tapi gak semuanya

 

emang sih beberapa dokter ada yg sok tau. kalo liat dari cerita2nya yg positif dari dokter jg banyak kok.. Papa saya alhamdulillah sembut penyakit ginjalnya dibedah di RS. Martha Friska Medan. Cowo saya juga dokterr >_<
hehehe, jadi belain dokter dehh

 

Astagfirullah.. kenapa siihh masih ada mal-praktek seperti itu :(

 

@Meutia Halida Khairani
iya kak, ni hanya sebagian ja, masih banyak jg yg baik^^

 

@.:diah:.
entah tu, saya juga bingung, hahhah

 

bener bgt, tidak semua dokter kayak gitu (jeleknya). Di jogja, ada dokter yang gratisss... pasien nggak ditarik mbayar sedikitpun. Tapi karena si pasien tau diri, akhirnya mbayar juga. Tapi seikhlasnya tentunya. Hehe...

 

@Yan Restu Freski
wah, ada ya..
pingin deh berobat kesitu, tapi kejauhan ya dari aceh, hehhe

 

Posting Komentar